comscore

Dana Abadi Perguruan Tinggi Hanya Untuk PTN-BH, Ini Alasannya

Ilham Pratama Putra - 27 Juni 2022 14:53 WIB
Dana Abadi Perguruan Tinggi Hanya Untuk PTN-BH, Ini Alasannya
Mendikbudristek Nadiem Makarim. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melucurkan Dana Abadi Perguruan Tinggi. Dana ini nantinya hanya diberikan pada Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Mendikbudristek, Nadiem Makarim, membeberkan alasan hanya PTNBH saja yang bisa mendapatkan dana abadi perguruan tinggi. Hal tersebut disebabkan PTNBH memiliki regulasi, kemampuan, dan hak mengelola aset finansial secara independen.
"Alasannya sangat sederhana karena hanya PTNBH yang punya secara regulasi, kemampuan, dan hak untuk mengelola aset finansial secara independen. Hanya PTNBH," ujar Nadiem dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-21: Dana Abadi Perguruan Tinggi, Senin, 27 Juni 2022.

Nadiem menjelaskan PTN Badan Layanan Umum (BLU) maupun PTN Satuan Kerja (Satker) secara regulasi tidak memungkinkan mengelola dana abadi secara mandiri. Dia mendorong PTN yang belum menjadi PTNBH segera bertransformasi. 

Nadiem menyebut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek juga terus mendorong perguruan tinggi negeri menjadi PTNBH. Kementerian mendorong PTN-BH terus ditambah.

"Seperti kita saling berkomunikasi sudah bertahun-tahun kita menginginkan Bapak dan Ibu segera melakukan transformasi menjadi PTNBH. Itu adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Jadi, ayo kita sama-sama menjadi PTNBH," kata dia.
 
Baca juga: Merdeka Belajar Episode 21: Dana Abadi Perguruan Tinggi Diluncurkan


(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id