Persiapan PTM Terbatas, 60% Sekolah Telah Lapor Daftar Periksa

    Ilham Pratama Putra - 08 April 2021 19:32 WIB
    Persiapan PTM Terbatas, 60% Sekolah Telah Lapor Daftar Periksa
    Siswa cuci tangan sebelum masuk ke dalam kelas. Foto: Dok. Kemendikbud



    Jakarta:  Sekolah mulai mempersiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Telah divaksinasinya seluruh guru dan tenaga kependidikan di satu sekolah, menjadi syarat utama PTM Terbatas.

    Tak ketinggalan sekolah juga harus melengkapi daftar periksa guna menerapkan protokol kesehatan. Hingga saat ini sebanyak 60 persen sekolah telah melaporkan kesiapan daftar periksa mereka.






    "Dari laporan kami saat ini yang sudah lapor dari 432 ribu sekolah, sudah lapor 238 ribu. Jadi sudah lebih dari 60 persen yang lapor," kata Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Kemendikbud Jumeri, dalam webinar Bincang Pendidikan, Kamis 8 April 2021.

    Baca juga:  Update Vaksinasi, Baru 284.689 Guru Terima Vaksin Dosis Kedua

    Meski begitu, Jumeri mengungkapkan dari sekolah yang melapor, masih ada daftar periksa yang belum terpenuhi. Dia mengingatkan agar sekolah tersebut untuk memenuhi daftar periksa tersebut.

    "Kemudian dari laporan yang ada, 96 persen sudah punya sarana cuci tangan dengan sabun, 86 persen sudah memiliki disinfektan, 83 persen mampu mengakses fasilitas kesehatan, dan 77 persen memiliki cadangan masker," terangnya.

    Baca juga:  PTM Gagal di 4 Negara, Kemendikbud Tetap Pede Buka Sekolah

    Lebih lanjut, Jumeri mengatakan pemenuhan daftar periksa ini nantinya diikuti dengan uji coba PTM terbatas. Dia tidak ingin PTM terbatas nantinya malah memunculkan klaster covid-19.

    Pada uji coba PTM, kata dia, sekolah harus banyak belajar dan melakukan evaluasi. Terlebih jika terdapat kasus covid-19 ketika menggelar uji coba PTM.

    "Agar sekolah punya praktik baik, kebiasaan baik menjaga kesehatan warganya meskipun pembelajaran tatap muka. ini akan terus dievaluasi, dan akan kita sebarkan sebagai praktik baik, memang semua ada risikonya," ungkap Jumeri.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id