30% Kuota Mahasiswa Baru Unpad Dibuka untuk SNMPTN

    Arga sumantri - 16 Februari 2021 10:51 WIB
    30% Kuota Mahasiswa Baru Unpad Dibuka untuk SNMPTN
    Universitas Padjadjaran (Unpad). Dok Humas Unpad.



    Bandung: Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dibuka mulai Senin, 15 Februari 2021. Pendaftaran dilakukan melalui login di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggunakan akun yang sudah teregistrasi.

    Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, persentase daya tampung Unpad pada jalur SNMPTN tahun ini berkisar 20 sampai 30 persen dari total daya tampung keseluruhan.




    "Seluruh program studi Sarjana dibuka di SNMPTN," ujar Arief mengutip siaran pers Unpad, Selasa, 16 Februari 2021.

    Ia menjelaskan, SNMPTN diikuti oleh siswa yang berhak atau eligible mendaftar. Ada dua kriteria seorang siswa dikategorikan eligible, yaitu secara administratif dan substantif.

    Peserta yang berhak secara administratif merupakan siswa yang telah mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) dan memenuhi syarat untuk ikut seleksi. Sementara, secara substantif, kriteria ditentukan oleh sekolah masing-masing.

    Arief mendorong para siswa yang dinyatakan berhak untuk mendaftar SNMPTN. Menurutnya, peluang untuk masuk perguruan tinggi lewat SNMPTN sangat baik.

    Baca: 25% Kuota Mahasiswa Baru UGM Siap Diperebutkan Lewat SNMPTN

    Sistem seleksi pada SNMPTN dinilai cukup adil karena memperhitungkan catatan prestasi selama tiga tahun di sekolah. 'Variabel penilaiannya cukup banyak, tidak hanya dari ujian saja, tetapi dari bagaimana prestasi siswa selama tiga tahun terakhir," ungkapnya.

    Selain memanfaatkan peluang di SNMPTN, peserta juga diharapkan untuk memilih program studi dan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

    Tahapan pendaftarannya, usai melakukan login di Portal LTMPT, siswa diminta untuk melengkapi data orang tua pada halaman profil. Selanjutnya, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan memasukkan program studi yang dipilih.

    Jika program studi diminta mengisikan portofolio, siswa wajib untuk memasukan data portofolio tersebut. Setelah mengisikan data yang dibutuhkan, siswa melakukan finalisasi serta dapat mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id