Unhas Masuk Program Kampus Merdeka BI, Kampus Pertama Luar Jawa

    Antara - 24 Desember 2020 14:56 WIB
    Unhas Masuk Program Kampus Merdeka BI, Kampus Pertama Luar Jawa
    Unhas, perguruan tinggi pertama luar Jawa yang masuk Program Kampus Merdeka BI. Foto: Dok Antara.



    Makassar: Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi kampus pertama di luar Pulau Jawa yang masuk Program Kampus Merdeka Bank Indonesia (BI). Direktur BI Institut Arlyana Abubakar menjelaskan, program Kampus Merdeka BI merupakan wujud kontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul era digital.

    "Saat ini sudah ada tujuh perguruan tinggi di Indonesia yang mengikuti Program Kampus Merdeka BI Institut. Semuanya masih berada di pulau Jawa, dengan jumlah peserta 36 orang," kata Aryana dalam keterangannya di Makassar, Kamis, 24 Desember 2020.

     



    Ia mengatakan, program ini fokus pada pengembangan project. Program terus diperluas. "Kami berharap Unhas dapat terlibat dalam program ini," lanjut Arlyana.

    Ia menjelaskan, terdapat tiga hal penting yang melandasi BI berpartisipasi dalam program Kampus Merdeka. Pertama, turut merealisasikan visi pemerintah membangun SDM unggul mencapai Indonesia maju.

    Kedua, BI ingin memiliki ilmu yang mendukung program Kampus Merdeka, khususnya terkait kebanksentralan dan digital ekonomi dari sisi konsep, praktik, pengalaman dan karakter sejalan dengan visi BI. Ketiga, memperhatikan pentingnya kolaborasi yang meliputi akademisi, bisnis dan government.

    Baca: Nadiem Bakal Lanjutkan Program Kampus Mengajar Perintis

    Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Muh Restu mengatakan, pada dasarnya, Unhas dan BI telah lama menjalin kemitraan berbagai aspek utamanya bidang pendidikan ekonomi. Program Kampus Merdeka di Unhas dimulai dengan Permata Sakti. Selain itu, ada pula konsorsium Fakultas Teknik dan Konsorsium beberapa Perguruan Tinggi Negeri - Badan Hukum (PTN-BH).

    "Program ini mendapatkan perhatian cukup besar dari mahasiswa, setidaknya ada 4.500 lebih mahasiswa yang terlibat. Ini terus bertambah, kami terus mensosialisasikannya," ujar Restu.

    Program Kampus Merdeka BI Institut mencakup tiga area pengembangan talent dengan pendekatan Knowledge, Skill, and Abilities (KSA) Model. Dalam implementasinya, aspek knowledge akan diarahkan pada penguatan pengetahuan dan pemahaman terhadap fungsi dan tugas Bank Sentral melalui kegiatan pembelajaran.

    Selain itu, pengembangan skill guna menerapkan pengetahuan peserta melalui project/research, serta perilaku sesuai dengan etika bekerja, antara lain interpesonal skill dan problem solving melalui working experience dan mentoring.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id