Nadiem Dorong Museum Giatkan Kegiatan Virtual

    Ilham Pratama Putra - 13 Oktober 2020 10:29 WIB
    Nadiem Dorong Museum Giatkan Kegiatan Virtual
    Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia di Bogor.Foto: MI/Dede Susianti
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendorong museum dapat dibuka secara virtual. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, pembukaan secara virtual ini guna mengobati kerinduan masyarakat berkunjung ke museum.

    "Kami mendukung museum-museum dalam menyelenggarakan kunjungan virtual dan berbagai inisiatif lainnya. Semoga kerinduan kita untuk mengunjungi museum dapat terobati," kata Nadiem dalam peringatan Hari Museum Indonesia yang disiarkan melalui akun Instagram  @kemdikbud.ri, Senin 12 Oktober 2020.

    Baca juga:  Kemenristek Segera Luncurkan Aplikasi PP Iptek Virtual

    Nadiem bersama pihaknya mengusung tema Museum dan Solidaritas menjadi untuk tema hari museum tahun ini.  Bagi Nadiem museum menjadi alat membangun solidaritas.

    "Museum sebagai penyambung solidaritas, perekat memori kolektif kita, sebagai bangsa yang besar, agar terus ke depan menuju Indonesia maju. Untuk itu Saya mengajak menghidupkan memori kolektif kita, menguatkan solidaritas, dan mewujudkannya dalam semangat gotong-royong," terang Nadiem.

    Bagi Nadiem pribadi, museum bukan sebatas tempat menyimpan benda-benda peninggalan masa lalu. Lebih dari itu, museum adalah rumah perdaban dan kebudayaan bangsa Indonesia.

    Di dalamnya ada ruang ide, kreativitas, tempat belajar, berekspresi dan merenung. Nadiem menyebut museum adalah tempat yang senantiasa menginspirasi bagi segala kondisi hingga solidaritas yang dia sebutkan.

    Menurutnya solidaritas itu pula yang akan membuat Indonesia keluar dari masa sulit pandemi covid-19. Solidaritas yang kan menuntun nurani kita pada kemanusian yang menjadi landasan pembangunan negara kita.

    "Dan Kemendikbud selalu mendorong solidaritas melalui pemajuan kebudayaan yang menyejahterahkan, mencerdaskan, dan mendamaikan," tutup Nadiem.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id