Rektor UNJ Beberkan Kondisi Perkuliahan Selama Pandemi

    Arga sumantri - 31 Maret 2021 15:06 WIB
    Rektor UNJ Beberkan Kondisi Perkuliahan Selama Pandemi
    Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin. Zoom



    Jakarta: Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Komarudin membeberkan kondisi perkuliahan di masa pandemi covid-19 dari berbagai sumber. Salah satunya, kata Komarudin, menurunnya jumlah mahasiswa dan tutupnya kampus-kampus kecil.

    "Kampus swasta menjerit apalagi dengan bantuan kuota dulu diminta di semester pertama," kata Komarudin dalam webinar 'Solusi Krisis Pedagogik dalam Pembelajaran Jarak Jauh', Rabu, 31 Maret 2021.






    Ia menambahkan, ada 4,1 juta guru dan dosen terdampak pandemi. Komarudin menambahkan, selama pandemi dosen-dosen jarang datang ke kampus. Bahkan, tidak datang ke kampus sama sekali.

    "Bukan di rumahnya dalam pengertian dekat dengan kampus, ada yang pulang kampung berlama-lama. ada yang tiga, empat, lima bulan di kampung nun jauh di sana," jelasnya.

    Sebagian besar mahasiswa dari tingkat awal hingga akhir, kata dia, juga tak mampu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT). Tapi, kata dia, ini sudah ada solusi dari pemerintah maupun kampus.  "Lalu cuti, dan tidak dapat melanjutkan studi, ini sangat kita hindari," ungkapnya.

    Baca: Simak, Ini Cara Daftar Masuk Sekolah Vokasi UNS

    Komaruddin menambahkan, tingkat keberhasilan kuliah daring juga hanya mencapai 30 persen. Lalu, mahasiswa asal daerah terhambat mengikuti perkuliahan. Salah satu permasalahannya, karena problem jaringan internet. Kelas perkuliahan daring juga tak selalu penuh.

    "Contoh kami saja ngajar jumlah mahasiswa 39 yang ada 33 mahasiswa, jarang penuh. Padahal, mereka sudah coba masuk tapi alasannya tidak masuk, jadi hampir setiap perkuliahan tidak penuh," ungkapnya.

    Pandemi juga mengakibatkan penulisan dan mutu tugas karya akhir menurun karena pendekatan yang dilakukan lebih sempit. Permasalahan ini, kata dia, sudah ada solusi. "Bimbingan tetap bisa dilakukan entah lewat WhatsApp, Email, dan lain-lain," tuturnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id