Satgas: Anak Muda Paling Banyak Terinfeksi Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 11 September 2020 18:05 WIB
    Satgas: Anak Muda Paling Banyak Terinfeksi Covid-19
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta:  Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry Harmadi menyebut, anak muda dengan usia 19 sampai 30 tahun paling banyak terinfeksi virus korona (covid-19). Hal ini disebabkan karena rendahnya kepatuhan anak muda dalam memenuhi 3M (menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan)

    "Usia 19 sampai 30 ini kan baru lulus SMA atau kuliah, kita tahu sekolah dan kampus semua belajar online, tapi kenapa mereka kena paling banyak, ternyata karena mereka cenderung berkumpul dan mengabaikan menjaga jarak," kata Sonny dalam Bincang Sore Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jumat, 11 September 2020.

    Selain itu, anak muda juga kerap tidak mematuhi aturan 3M lainnya, yakni memakai masker dan mencuci tangan. Kemudian mereka cenderung merasa fisiknya kuat, padahal telah menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) di tengah masyarakat.

    "Dari tiga hal itu, yang paling sulit dilakukan adalah menjaga jarak.  Menjaga jarak tapi ketika ketemu teman baik langsung cipika-cipiki atau merasa temannya tidak mungkin menulari covid-19," tambah dia.

    Dengan begitu, penularan pun semakin masif karena mereka yang muda adalah carrier virus tanpa gejala. Di mana penyebaran itu terjadi sangat cepat di lokasi pemukiman.

    "Akibat berkumpul terus, bawa virus dan terjadi penyebaran virus di dalam rumah, ini cukup mengkhawatirkan dan kita harus mendorong perubahan perilaku, terutama pada kelompok berisiko tinggi (menyebarkan virus)," tegas dia.

    Baca juga:  Dunia Pendidikan Amat Diharapkan Jadi Agen Perubahan Penanganan Covid-19

    Sonny semakin heran, saat masyarakat dengan usia tua atau di atas 40 tahun justru bukan penderita covid-19 terbanyak. Artinya mereka yang berusia tua cendrung bisa patuh dan menerapkan 3M.

    "Ternyata semakin tinggi usia, dia semakin patuh, semakin muda malah semakin tidak patuh. Usia muda tadi kan usia sekolah juga, makanya peran kita ke sektor pendidkan ini penting untuk terus menyuluhkan pentingnya 3M ini, edukasi ini sangat penting," pungkas dia.


    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id