Kemendikbud Rancang Praktikum Pendidikan Vokasi di Tengah Pandemi

    Ilham Pratama Putra - 19 Mei 2020 20:17 WIB
    Kemendikbud Rancang Praktikum Pendidikan Vokasi di Tengah Pandemi
    Ilustrasi. Foto: Dok MI
    Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah merancang model pembelajaran praktik di tengah pandemi virus korona (covid-19). Khususnya, untuk pendidikan vokasi.

    "Untuk vokasi tentu ada kompetensi praktik. Kami sedang mencari cara bagaimana kompetensi praktik ini bisa dijalankan," kata Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Wikan Sakarinto dalam konferensi video, Selasa, 19 Mei 2020.

    Kemendikbud juga tengah merancang praktikum bagi siswa SMK. Meskipun, pembelajaran praktik di SMK dijadikan pilihan ke dua.

    "Kalau SMK kita bagi kelompok mata pelajaran. Yang teori semua daring, yang praktik di belakang sambil menunggu covid-19 mereda atau social distancing bisa dilonggarkan," ujar Wikan.

    Baca: Tiga Langkah Membangun Industri Alat Kesehatan Dalam Negeri

    Wikan berharap satuan pendidikan vokasi bisa berinovasi dan melakukan penyesuaian. Sebab, masih ada materi praktik yang sangat memungkinkan dijalankan dari rumah.

    "Mungkin bisa dengan membuat video dulu. Atau yang jurusannya komputer tentu lebih mudah karena operasional praktiknya, basicnya digital," lanjut Wikan.

    Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Nizam menyebut kelas-kelas nantinya harus beradaptasi. Kelas bisa beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

    "Kita berdampingan dengan covid, menerapkan protokol yang aman, blanded learning bisa lebih luas untuk teori, kalaupun harus datang ke kelas, ruangan diisi setengah," ujarnya.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id