UNS Bakal Dirikan Perusahaan

    Citra Larasati - 18 Mei 2021 17:34 WIB
    UNS Bakal Dirikan Perusahaan
    Kampus UNS. Foto: UNS/Humas



    Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) akan segera mengoptimalkan Badan Pengelola Usaha (BPU).  Sejak menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH), banyak hal yang dikejar UNS di bidang akademik maupun nonakademik untuk menyejajarkan diri dengan PTNBH lainnya.

    Wakil Rektor Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis, dan Informasi UNS, Sajidan mengatakan, selain mengoptimalkan usaha yang sudah ada seperti UNS Inn dan katering, pihaknya juga berencana untuk mendirikan perusahaan.  Bentuk perusahaan tersebut adalah perseroan terbuka (PT) berkategori besar. 

     



    “Dalam bisnis, UNS harus mengacu pada PP No. 56 tahun 2020 dan UNS sebagai PTNBH akan mendirikan perusahaan,” terang Sajidan dalam keterangan tertulis, Selasa, 18 Mei 2021.

    Perusahaan yang diberi nama PT Semar Sarana Sejahtera itu akan melakukan revitalisasi usaha yang dimiliki UNS sebelumnya. Usaha-usaha tersebut di antaranya UNS Inn, katering, air minum, modular SPBU, dan bengkel.

    Selain itu, perusahaan ini juga akan membuka potensi bisnis baru, di antaranya jasa konsultan, event organizer, paket perjalanan wisata, klinik, apotek, produk herbal, alat bantu kesehatan, dan potensi lainnya.

    Baca juga:  Tak Bersifat Wajib, Mata Kuliah Startup Digital Hanya Opsional

    General Manager Operasional (GMO) BPU UNS, Zainal Arifin mengatakan perusahaan tersebut juga rencananya akan berfungsi sebagai hilirisasi produk-produk riset atau inovasi para dosen dan sivitas akademika UNS.

    “Pada awalnya kita akan mengoptimalisasikan bisnis yang sudah ada. Dari situ kita akan mengakomodasi hilirisasi yang ada di UNS, baik itu dari Pusat Unggulan Ipteks (PUI), LPPM, fakultas, atau manajemen yang lain,” imbuh Zainal.

    Saat ini perusahaan itu masih dalam tahap perencanaan. Sumbang saran dari sivitas akademika dan alumni sangat diharapkan untuk pengelolaan usaha UNS yang lebih baik

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id