Nadiem Serahkan Soal SKD CPNS ke Pansel

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 13 Januari 2020 17:32 WIB
    Nadiem Serahkan Soal SKD CPNS ke Pansel
    Foto: Kemendikbud/BKLM
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyerahkan naskah soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Pengadaan CPNS Tahun 2019.  Dalam penyusunannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melibatkan sejumlah kementerian dan lembaga.

    Mulai dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain itu juga melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018, yakni dosen-dosen yang kompeten dari perguruan tinggi.

    Mereka juga didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.  Pelibatan berbagai pihak dalam penyusunan soal SKD, kata Nadiem, dilakukan agar dapat menjaring calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) berkelas dunia.

    Lebih lanjut, Nadiem menjelaskan, proses penyusunan soal SKD tahun 2019 menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh BKN.  “Selanjutnya untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan,” terang Nadiem dalam keterangan resminya, Senin, 13 Januari 2020.

    Nadiem menegaskan, telah menjadi komitmen Kemendikbud untuk selalu dapat membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan.  Hal tersebut dilakukan agar dari seleksi dapat menghasilkan SMART ASN.

    Soal SKD CPNS 2019 diserahkan Nadiem kepada Panselnas, Menteri PAN dan RB Tjhajo Kumolo selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas.  Tjahjo mengatakan, proses selanjutnya Tim Panselnas akan memasukkan soal tersebut ke dalam sistem seleksi CPNS. 

    “Harus dilakukan dalam proses kehati-hatian dan jaminan kerahasiaan serta keamanan data, itu jadi komitmen kita bersama. Kita berharap semua pihak dapat terus mengawal kelancaran dan keamanan dari seluruh tahapan (seleksi) yang ada,” jelasnya.

    Tercatat berdasarkan data dari BKN, ada 4.197.218 calon peserta seleksi CPNS yang telah melakukan pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sekitar tiga juta orang dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi dan akan diseleksi untuk memperebutkan 154.029 formasi.

    Formasi tersebut berada di instansi pusat dengan jumlah 37.584 formasi dan sebanyak 116.445 formasi berada di instansi daerah.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id