SNMPTN/SBMPTN 2020

    Sekolah Turut Pertimbangkan Prestasi Nonakademik di SNMPTN

    Intan Yunelia - 14 Januari 2020 18:04 WIB
    Sekolah Turut Pertimbangkan Prestasi Nonakademik di SNMPTN
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Jakarta:  SMA Negeri 5 Bandung mengakui persiapan menjelang pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) 2020 berjalan lancar.  Sekolah juga menambahkan prestasi nonakademik sebagai salah satu unsur tambahan di luar pertimbangan nilai akademik (rapor) yang diraih siswa.

    "Jika ada siswa dii daerah 'abu-abu' atau sama ranking-nya.  Itu harus disikapi dengan cermat, bagaimana membedakan yang di atas dan di bawah, kita harus menyikapi itu. Nanti belum diputuskan (penilaiannya) karena ranah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah," kata Staf Tata Usaha Pelaksana SMAN 5 Bandung, Samsu Hadi saat dihubungi Medcom.id, Selasa 14 Januari 2020.

    SMAN 5, kata Samsu Hadi, akan memperhitungkan juga prestasi di luar sekolah.  Baik di bidang akademik maupun nonakademik.  Salah satunya adalah prestasi olimpiade.

    "Sejauh ini PDSS berkaitan dengan prestasi akademik siswa kemungkinan nanti yang dijadikan acuannya prestasi siswa," ujar Samsu Hadi.

    Ia menyebutkan bahwa siswa yang akan didaftarkan pada PDSS online dari SMAN 5 Bandung yang terakreditasi A berjumlah 40 persen dari total 401 siswa kelas XII.  Nanti siswa yang mempunyai nilai sama akan diperhitungkan dengan prestasi-prestasi nonakademik mereka.

    "Misalnya si A sama nilai rapornya dengan si B, tapi si B misalnya berprestasi pernah ikut olimpiade misalnya dan masuk babak final dan si A tidak.  Kemungkinan si B yang direkomendasikan," jelasnya.

    Sebelumnya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan aturan baru dalam Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di PTN.  Utamanya regulasi di jalur SNMPTN, yakni kewenangan menentukan siswa yang eligible (memenuhi syarat) mendaftar di "jalur undangan" tersebut diserahkan pada pihak sekolah.
     
    Ketua LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, tugas sekolah kini tak lagi hanya sekadar mengunggah data nilai rapor siswa di PDSS seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Kini sekolah juga diminta langsung melakukan pemeringkatan untuk memenuhi kuota pendaftaran SNMPTN yang ditetapkan berdasarkan status akreditasi sekolah.
     
    “Tahun ini kuota di masing-masing akreditasi SMA ada penentuan peringkat siswanya dan diserahkan sepenuhnya ke sekolah,” kata Nasih saat Konferensi Pers Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru PTN 2020, di Gedung D Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 15 November 2019.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id