3.189 Calon Mahasiswa Baru Lolos Jalur Mandiri UNS

    Pythag Kurniati - 31 Juli 2019 14:40 WIB
    3.189 Calon Mahasiswa Baru Lolos Jalur Mandiri UNS
    Ilustrasi Ujian Jalur Mandiri. MI/Bary Fathahilah.
    Solo:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengumumkan hasil tes Seleksi Mandiri (SM) hari ini. Sebanyak 3.189 orang diterima sebagai calon mahasiswa baru lewat jalur seleksi terakhir itu.

    Rektor UNS, Jamal Wiwoho, mengatakan jumlah tersebut disaring dari 16.683 peserta SM UNS. Mereka telah melalui Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) di delapan kota para 21 Juli 2019 lalu.

    "3.189 orang yang diterima itu terdiri dari 2.508 calon mahasiswa S1 dan 681 calon mahasiswa vokasi," kata Jamal, Rabu, 31 Juli 2019.

    Adapun total calon mahasiswa baru yang diterima UNS tahun ini ada 6.625 orang. Selain melalui jalur SM, sebelumnya UNS juga menerima 2.027 orang lewat SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan sisanya lewat SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

    Jamal mengatakan, jumlah calon mahasiswa yang diterima dari jalur SM melebihi perkiraan awal, yakni 20 persen dari kuota total atau sekitar 1.300 orang.

    "Sebelumnya ada peserta SNMPTN dan SBMPTN yang diterima tapi tidak daftar ulang. Kuota yang kosong itu kita isi lewat SM," ujarnya.

    Baca:  Seleksi Mandiri UNS Dibuka, Catat Tanggal dan Alurnya

    Sedangkan dibandingkan tahun lalu, jumlah pendaftar jalur SM kali ini berkurang. Namun dilihat dari sisi jumlah penerimaan, tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 2.171 orang.

    "Kalau dulu kan tidak pakai tes lagi, cuma berdasarkan hasil SBMPTN, kalau sekarang pakai tes lagi, makanya tahun ini pendaftarnya berkurang," ujarnya.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id