Masuk sebagai Mahasiswa Termuda, Lulus pun Paling Belia

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 09 Agustus 2019 12:14 WIB
    Masuk sebagai Mahasiswa Termuda, Lulus pun Paling Belia
    Rinaldi Wilopo, mahasiswa lulusan termuda di Universitas Padjadjaran. (FOTO: dok Unpad)
    Bandung: Rinaldi Wilopo, masuk sebagai mahasiswa baru termuda Universitas Padjadjaran (Unpad) pada 2015 lalu. Kini, Rinaldi kembali menjadi yang termuda, 18 tahun, saat Unpad mewisuda mahasiswanya awal pekan lalu.

    Rinaldi resmi tercatat sebagai wisudawan termuda Unpad, sekaligus mendapat gelar sarjana usai Upacara Wisuda Gelombang IV Tahun Akademik 2018/2019.

    Ia lulus dari program studi Matematika Unpad dengan predikat "Pujian". Skripsi yang diangkatnya berjudul "Algoritma Kleen Star yang Diperbarui dalam Aljabar Max-plus dan Penerapannya pada Penjadwalan Kereta Api".

    Dalam skripsi tersebut ia mencoba menemukan metode optimalisasi jadwal kereta api, dengan menggunakan aljabar. Metode ini bertujuan untuk meminimalisasi risiko keterlambatan dalam perjalanan kereta api.

    "Perjalanan kereta api itu kan ada jadwalnya. Bagaimana caranya supaya keretanya tidak terlambat dengan menggunakan aljabar. Dibentuk matriksnya dan dihitung dengan cara matematika, nanti dapat lah jadwal yang optimal," kata Rinaldi dikutip dari keterangan tertulis, Jumat, 9 Agustus 2019.

    Ia sedikit berkisah, kenapa memilih program studi matematika, yang diakuinya sudah disuka sejak duduk di bangku sekolah ini. Di sisi lain, ia optimistis matematika memiliki peluang yang baik di masa depan.

    Tak hanya lulus sebagai mahasiswa termuda, Rinaldi juga tidak menyangka dirinya bisa diterima di Unpad pada usia 15 tahun. Mengingat sejak SMP hingga SMA, ia memang siswa di kelas akselerasi.

    Semasa kuliah, Rinaldi juga aktif berorganisasi. Baginya, banyak hal yang bisa dipelajarinya di luar aktivitas akademik.

    "Saya awalnya ingin cepat (lulus), tapi akhirnya, saya ingin mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya, tapi tetap bisa lulus tepat waktu," ungkapnya.

    Remaja kelahiran Padang, Sumatera Barat ini aktif di organisasi kemahasiswaan. Menurutnya, aktif di organisasi banyak mengajarkan kemampuan lain di luar akademik.

    Tercatat, ia merupakan pengurus himpunan di program studi dan pengurus Himpunan Mahasiswa Matematika Regional Jawa Barat.

    "Dengan ikut organisasi terasa sekali bagi saya, dari awalnya komunikasi enggak lancar, sekarang lancar berkomunikasi," kata Rinaldi.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id