comscore

58.140 Siswa Lolos SPAN-PTKIN 2022

Antara - 13 April 2022 18:39 WIB
58.140 Siswa Lolos SPAN-PTKIN 2022
Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Jakarta: Sebanyak 58.140 siswa lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) Tahun 2022. Siswa lolos seleksi akan diumumkan pada Jumat, 15 April 2022.

"Pengumuman 15 April 2022 pukul 14.00 WIB," ujar Kepala Sekretariat SPAN-UM PTKIN Mukhsin Jamil di Jakarta, Rabu, 13 April 2022.
Mukhsin mengatakan seluruh proses SPAN berlangsung transparan. Seleksi dengan mempertimbangkan nilai rapor dan prestasi akademik.

"Proses seleksi sudah dilakukan dan itu murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik. Tidak ada intervensi," tutur dia.

Mukhsin mengatakan pada pendaftaran SPAN sekolah harus menginput terlebih dahulu data siswa yang layak mengikuti SPAN-PTKIN. Siswa bisa langsung mendaftar sendiri apabila data sudah diinput sekolah.

Mukhsin menyebut sekitar 10 ribu sekolah menginput data siswa ke sistem SPAN-PTKIN. Sebanyak 170 ribu data siswa masuk dan dinyatakan memenuhi syarat mengikuti jalur SPAN.

Kemudian, dilakukan seleksi administrasi ketat. Akhirnya, 58.140 siswa dinyatakan lolos jalur SPAN-PTKIN.

"Menjadi keunggulan penerimaan tahun ini, kalau dulu finalisasi dilakukan oleh sekolah karena email diberikan ke sekolah. Konsekuensinya pendaftar ini belum tentu sesuai dengan siswa yang minat," kata dia.

Mukhsin meminta siswa yang dinyatakan lolos jalur SPAN segera mencari tahu informasi dan melakukan pendaftaran ulang di kampus tujuan. Sementara itu, bagi yang gagal di jalur SPAN, bisa mengikuti jalur UM-PTKIN.

Adapun pendaftaran jalur UMPTKIN dibuka pada 25 April hingga 4 Juni 2022. "Siswa yang tidak diterima di SPAN bisa ikut di UMPTKIN," kata Mukhsin.

Baca: Dibuka Mulai 25 April, Simak Informasi Lengkap UM-PTKIN 2022
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id