comscore

Genjot Minat Baca Siswa, MAN IC OKI Hadirkan Habibie’s Library

Citra Larasati - 29 Mei 2022 17:13 WIB
Genjot Minat Baca Siswa, MAN IC OKI Hadirkan Habibie’s Library
MAN IC OKI menghadirkan Habibie’s Library. Foto: Dok. Kemenag
Jakarta:  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menghadirkan perpustakaan digital dengan nama Habibie’s Library.  Perpustakaan ini dihadirkan untuk meningkatkan literasi siswa di madrasah unggulan ini.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag, Muhammad Zain, menyambut baik kehadiran Habibie’s Library yang bertujuan meningkatkan budaya membaca  generasi bangsa dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi.  “Selama ini anak zaman sekarang  menggunakan sosmed untuk sharing, dialog, ngobrol dengan teman temannya. Maka MAN IC OKI  sediakan E-Library, agar siswa bisa akses membaca buku pelajaran secara digital,” ujar Zain dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 29 Mei 2022.
Dengan adanya Habibie’s Library, peserta didik tidak harus membaca di ruang perpustakaan. Mereka bisa membaca di mana saja.  Di taman juga bisa karena melalui gadget. Pokoknya era saat ini budaya literasi dikuatkan melalui pemanfaatan teknologi digital,” imbuhnya.

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal mengatakan, melalui Habibie’s Library, pihaknya ingin membudayakan baca tulis siswa. Selain literasi konvensional, juga melalui literasi digital.

“Jadi kami berupaya mempermudah layanannya,” ucap Faisal. 

Faisal berharap Habibie’s Library akan meningkatkan minat baca siswa dan prestasi mereka. “Tanpa membaca, siswa itu sulit berprestasi,” terang Faisal.

Baca juga:  Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Unpad Masuk 100 Terbaik Asia Versi SCImago

Habibie’s Library dikembangkan oleh guru MAN IC OKI, Cipto Kurniawan. Selain perpustakaan digital, Cipto juga sudah menyumbangkan banyak karya inovasi dalam meningkatkan digitalisasi madrasah. 

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id