Peserta Upacara Nobar Video Pidato Mas Nadiem

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 25 November 2019 12:48 WIB
    Peserta Upacara Nobar Video Pidato Mas Nadiem
    Pidato Mendikbud, Nadiem Makarim dalam rangka HGN 2019 yang ditayangkan melalui layar videotron. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Peringatan Hari Guru Nasional yang digelar di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini, Senin 25 November memberi sajian yang berbeda.  Peserta upacara diajak nonton bareng (nobar) pidato HGN Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim yang ditayangkan melalui layar videotron.

    Para peserta dan undangan pun memalingkan pandangan ke layar dan menyimak pidato Nadiem.  Dalam sambutannya pria 35 tahun ini menyampaikan tidak akan berpidato, tetapi hanya akan memutarkan video pidatonya.

    "Saya yakin bapak bapak ibu dan hadirin semua sudah membaca naskah Pidato Hari Guru Nasional, sehingga saya tidak akan mengulang lagi di upacara ini," kata Nadiem saat membuka Upacara Hari Guru Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Senin, 25 November 2019.

    Dalam isi pidatonya yang sudah viral sejak akhir pekan lalu, ada sejumlah poin yang mendorong guru bergerak melakukan perubahan tanpa menunggu komando. Adapun beberapa perubahan yang bisa dilakukan, kata Nadiem, dimulai dari kelas.

    Mengajak kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Memberikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.  Selain itu, guru diharapkan bisa mencetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.

    Kemudian bisa menemukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri. Lalu sesama guru saling membantu, bersimpati dan berempati kepada kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

    "Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak," tandasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id