UNS Berkomitmen Manfaatkan KHDTK Gunung Bromo Dukung Program Pemerintah

    Arga sumantri - 06 Maret 2021 20:02 WIB
    UNS Berkomitmen Manfaatkan KHDTK Gunung Bromo Dukung Program Pemerintah
    Rektor UNS Jamal Wiwoho bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono. Foto: Dok Humas UNS.



    Solo: Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono melakukan penanaman bibit pohon di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Gunung Bromo UNS, hari ini. Ustaz kondang, Yusuf Mansur juga ikut dalam kegiatan ini

    Bibit pohon yang ditanam antara lain Eukaliptus sebanyak 200 pohon dari Perhutani, dan tanaman buah-buahan (sirsat, alpukat, jeruk nipis, jambu biji, kopi, trembesi, sengon, dan tabe buaya) sebanyak 1.000 pohon dari BPDASHL Surakarta. Kemudian, 1.000 bibit tanaman jahe dan 50 pohon durian sawo besar dari Ustaz Yusuf Mansur






    Selain itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kehutanan (Pusdiklathut) dan Pusat Studi Demokrasi dan Ketahanan Nasional (Pusdemtanas) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS juga menanam 100 bibit pohon gaharu dan 70 pohon cendana di kawasan KHDTK Gunung Bromo.

    Baca: ITS-Kemenkominfo Berkolaborasi Buat Pelatihan Hadapi Revolusi Industri 4.0

    Penanaman pohon dilakukan untuk memperingati Dies Natalis ke-45 UNS sekaligus sebagai implementasi program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar UNS kepada masyarakat.

    "Insyaallah kami akan memanfaatkan KHDTK ini dengan hal-hal yang mendukung program pemerintah, khususnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kementerian-kementerian lain," ujar Jamal dalam keterangannya, Sabtu, 6 Maret 2021.

    Jamal mengatakan akan melibatkan berbagai program studi dari beberapa fakultas untuk bersama-sama memanfaatkan dan mengembangkan KHDTK Gunung Bromo UNS ini. Ada sejumlah rencana, seperti pemanfaatan KHDTK Gunung Bromo UNS sebagai kawasan pariwisata, pendidikan, termasuk sebagai tempat pernikahan berkonsep alam terbuka di tengah hutan.

    "Luasnya sekitar 126 hektare. Pemanfaatan lainnya pasti untuk mengoptimalisasikan aset milik UNS sesuai dengan dinamikanya dengan tidak mengesampingkan core kita yaitu pendidikan," jelasnya.

    Baca: Unpad Dipercaya Kembangkan Kapasitas ASN Pemkab Bogor

    Jamal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Juliyatmono dan Ustaz Yusuf Mansur yang memberikan perhatian khusus bagi kelestarian KHDTK Gunung Bromo UNS.

    "Terima kasih kepada Ustaz Yusuf Mansur yang datang jauh-jauh dari Jakarta. Karena kepedulian kepada UNS (red: Ustaz Yusuf Mansur) mau ke Solo. Terima kasih juga kepada Bupati Karanganyar selalu mengingatkan saya untuk mengoptimalkan kawasan ini," ungkapnya.

    Selama sesi serah terima dan penanaman bibit pohon di KHDTK Gunung Bromo UNS, Jamal didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNS Ahmad Yunus, Wakil Rektor Umum dan SDM UNS Bandi, dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS Kuncoro Diharjo.

    Selain itu, turut hadir pula Wakil Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UNS Hasan Fauzi, Ketua Senat Akademik (SA) UNS  Adi Sulistyono, dan Kapolres Karanganyar, AKBP Muchammad Syafi Maula. 

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id