Hari Santri 2020

    Santri Diminta Proaktif Memerdekakan Indonesia dari Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 22 Oktober 2020 15:35 WIB
    Santri Diminta Proaktif Memerdekakan Indonesia dari Covid-19
    Ilustrasi Pesantren. Foto: MI
    Jakarta:  Setiap tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar menyebut, santri harus mengambil peran dalam mengusir virus korona di Indonesia.

    Nasaruddin menyebutkan mengusir virus adalah bagian dari perjuangan. Seperti halnya saat santri mempunyai peran besar saat memerdekakan Indonesia.

    "Segala penyakit ada obatnya, kita tidak boleh pasrah. Para santri harus proaktif memerdekakan Indonesia dari virus," kata Nasaruddin dalam siaran daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis, 22 Oktober 2020.

    Santri Indonesia pernah berhasil mengusir penjajah. Untuk itu kata Nasaruddin, mengusir pandemi juga menjadi peran santri.  Tak lagi mengangkat senjata, memerangi covid-19, santri juga diminta menjadi contoh bagi masyarakat.

    "Santri harus tampil mengusir korona ini dengan caranya sendiri, dengan banyak berdoa, jadi contoh masyarakat menjalankan protokol kesehatan," ungkapnya.

    Baca juga:  Pesantren Sulit Terapkan Belajar Daring Secara Penuh

    Nasaruddin menyebut perang melawan korona bukanlah hal sulit bagi para santri. Sebab santri telah terbiasa menerapkan perikalu hidup bersih dan sehat serta taat pada aturan.

    "Santri itu sudah terbiasa untuk taat. Di pesantren juga sudah terbiasa melakukan hidup bersih dan sehat untuk menjaga imun. Santri punya imun dan iman dan itu yang dibutuhkan untuk melawan virus ini," tutup Nasaruddin.

    Pemerintah melalui Satgas covid-19 atau #satgascovid19 juga tak bosan-bosannya terus menyosialisasikan kampanye #ingatpesanibu yakni jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakai masker, #jagajarak dan #hindarikerumunan serta #cucitangan #cucitanganpakaisabun.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id