comscore

LTMPT Ungkap Kecurangan Peserta pada UTBK-SBMPTN 2022 Gelombang I

Ilham Pratama Putra - 24 Mei 2022 10:47 WIB
LTMPT Ungkap Kecurangan Peserta pada UTBK-SBMPTN 2022 Gelombang I
Ilustrasi UTBK SBMPTN 2022 di UNJ. DOK UNJ
Jakarta: Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 gelombang I diwarnai kecurangan. Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo mengatakan kecurangan muncul akibat banyak peserta tidak percaya diri. 

"Masih ditemukan beberapa peserta yang tidak percaya diri, percaya pada orang yang menjanjikan bisa membantu," kata Budi kepada Medcom.id, Selasa, 24 Mei 2022.
Budi mengungkapkan sejumlah kecurangan yang dilakukan peserta. Kecurangan mulai dari menggunakan joki hingga membawa alat komunikasi. 

"Beberapa siswa menggunakan alat bantu alat elektronik dipasang di masker, pakaian, dan lain-lain yang ketahuan sebelum masuk ke ruangan. Kami panitia berusaha maksimal tidak terjadi perjokian dengan memeriksa peserta dan yakin masuk ruangan tidak membawa alat-alat yang tidak diizinkan," beber Budi.

Salah satu kecurangan peserta ditemukan di Pusat UTBK Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Sebanyak empat peserta menggunakan alat bantu komunikasi elektronik. 

"Alatnya melekat pada tubuh saja, pada telinga, saya tidak tahu persis bagaimana alat itu bekerja tapi alat tersebut bisa berkomunikasi," ungkap Ketua Pelaksana UTBK-SBMPTN UNJ, Suyono.

Keempatnya mengikuti UTBK-SBMPTN pada hari kedua atau 18 Mei 2022. Mereka diduga memanfaatkan alat komunikasi itu untuk mempermudah pengerjaan soal.

Suyono menyebut keempatnya mengambil program studi Kedokteran. Dia menyebut keempat peserta tersebut tidak memiliki hubungan antara satu dengan yang lain.

Keempat peserta langsung dibawa ke ruang sekretariat untuk dibuatkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Akibat tindakan tersebut, keempatnya didiskualifikasi. 

"Mereka kita amankan di sekretariat, mereka buat BAP dan tanda tangan BAP atas segala kejadian yang dilakukan. Mereka kami amankan sampai selesainya pelaksanaan tes. Mereka tidak ikut tes dan kami silahkan untuk pulang," tutur Suyono.

Baca: 4 Peserta UTBK-SBMPTN Ketahuan Curang, LTMPT Wanti-wanti Tak Ditiru
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id