Mahasiswa ITT Purwokerto Ciptakan Tombol Emergency Android

    Intan Yunelia - 29 Maret 2019 12:49 WIB
    Mahasiswa ITT Purwokerto Ciptakan Tombol <i>Emergency Android</i>
    AFP/Mladen Antonov.
    Jakarta:  Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Novandi Prasetyo menciptakan aplikasi Tombol Darurat Berbasis Android. Penemuan ini diciptakan berangkat dari fenomena kriminalitas yang sering kali terjadi di masyarakat.

    "Aplikasi diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi saya melihat fenomena sosial yang sering terjadi di masyarakat, salah satunya adalah tindak kriminalitas," kata Prasetyo, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Jumat 28 Maret 2019.

    Proses pengerjaan aplikasi ini juga melibatkan sejumlah dosen di kampusnya.  Aplikasi tersebut memang melibatkan dosen yang berkompetensi di bidang aplikasi berbasis android ini.

    "Sehingga aplikasi ini memiliki keunggulan karena telah diuji oleh pakarnya," ujar Mahasiswa S1 Teknik Informatika ini.

    Prasetyo menuturkan, sistem yang dia buat ini menggunakan beberapa perangkat. Di antaranya android studio, jaringan internet yang stabil agar bisa menentukan lokasi GPS dengan lancar, serta metode Rapid Development System (RAD) dan Location Based Service (LBS).

    Baca:  Penerima Beasiswa: Sejak Lama Mendambakan Kuliah di Trisakti

    "RAD adalah metode yang mengutamakan kecepatan dalam pengembangan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna, sedangkan LBS adalah layanan informasi yang memanfaatkan kemampuan untuk menggunakan informasi lokasi dari perangkat bergerak dan dapat diakses dengan perangkat bergerak melalui jaringan telekomunikasi bergerak," terangnya.

    Dengan tombol tersebut, harapannya bisa membatu masyarakat yang tengah berada dalam kondisi darurat. Karena melihat banyaknya kejadian kriminal. "Selain bisa menolong orang dengan kecepatan teknologi komunikasi, juga membantu pihak berwenang bisa secara real time mengetahui bantuan pertolongan dari masyarakat yang memerlukan," pungkasnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id