comscore

PKN 2021, Jokowi Ajak Masyarakat Gali Ilmu Pengetahuan Warisan Nenek Moyang

Ilham Pratama Putra - 20 November 2021 02:24 WIB
PKN 2021, Jokowi Ajak Masyarakat Gali Ilmu Pengetahuan Warisan Nenek Moyang
Presiden Joko Widodo. Foto: YouTube
Jakarta:  Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 yang digelar secara daring, Jumat malam, 19 November 2021. Dalam sambutannya, Jokowi mengajak masyarakat untuk kembali menggali ilmu pengetahuan yang berasal dari kearifan lokal warisan nenek moyang.

"Banyak hal yang bisa kita pelajari dan kita rujuk dari ilmu pengetahuan dan kearifan masa lalu karya nenek moyang kita," ujar Jokowi dalam Pembukaan PKN 2021 secara daring, Jumat malam, 19 November 2021.
Ilmu pengetahuan dan pengetahuan masa lalu tersebut, kata dia, mungkin tidak tertulis dalam buku literatur atau artikel ilmiah. Tapi ilmu nenek moyang tersebut tertuang dalam narasi lisan, skrip drama dan pewayangan dan berbagai kebiasaan.

"Warisan kearifan dan ilmu pengetahuan tersebut mungkin tidak terjelaskan secara metodologi modern. Namun justru di situlah menjadi kewajiban kita untuk meneliti dengan bijak semua warisan kebudayaan tersebut," terangnya.

Baca juga:  Presiden Dijadwalkan Membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Malam Ini

Warisan ilmu pengetahuan berbasis kearifan budaya tersebut dapat dijadikan solusi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. Jokowi memberi contoh pemanfaatan kekayaan nabati Tanah Air yang dijadikan obat.

"Sebagai misal Indonesia punya peluang menjadikan jamu sebagai obat modern yang terbukti secara ilmiah," tutur dia.

Untuk itu pelestarian menjadi kunci bagi masyarakat, untuk pengembangan dan kemajuan Indonesia. "Selain melestarikan dan belajar dari kebudayaan nenek moyang, saya juga minta untuk terus kita memahami alam kita yang sangat kaya sekaligus kompleks ini," tutupnya.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id