Kualitas Pendidik Harus Sama Majunya dengan Perkembangan Teknologi

    Ilham Pratama Putra - 10 Juni 2021 20:12 WIB
    Kualitas Pendidik Harus Sama Majunya dengan Perkembangan Teknologi
    Ilustrasi. Medcom.id



    Jakarta: Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Mochamad Ashari menyampaikan, agar sektor pendidikan bisa memanfaatkan teknologi secara utuh. Selain infrastruktur teknologi itu sendiri, kualitas para pendidik juga diharapkan sama majunya dengan perkembangan teknologi.

    "Ada banyak hal yang harus disiapkan, yaitu kapasitas atau kemampuan para pendidik dan materi yang disampaikan harus sama beriringan bersama dengan kemajuan teknologi itu sendiri," kata Ashari dalam Bincang Perspektif Trakindo: Masa Depan Pendidikan Teknologi di Indonesia Pasca Pandemi covid-19 secara daring, Kamis 10 Juni 2021.

     



    Jika dikonversikan dengan saat ini, di mana pemanfaatan teknologi guna mendukung pembelajaran daring, menurut Ashari itu baru sebagian kecil. Pun belajar daring, kata dia, bukan sekadar memindahkan kelas ke dalam gawai.

    Tapi pendidik harus paham bagaimana memanfaatkan gawai tersebut sebaik mungkin. Dia mengatakan bahwa metode penyampaian materi juga tidak bisa hanya berbicara saja atau hanya satu arah. 

    "Sebab, jika melalui bicara saja, anak didik pun akan merasakan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Perlu ada selingan, lalu (belajar) bukan satu-satunya belajar online di depan gadget. Ini yang saya maksud kemampuan guru itu harus juga canggih ya," tuturnya.

    Baca juga:  Belum Merata, Pendidikan Digital Masih Sebatas Pelengkap di Indonesia

    Khususnya untuk mendidik pelajar di sekolah dasar. Mengajar anak SD seharusnya dilakukan dengan penuh interaktif dan dinamis. 

    "Namun, kini menjadi belajar online, di mana anak biasanya tidak fokus mendengarkan. Di situ tadi kita menerapkan praktek berinteraksi itu kalau di dasar itu sangat penting," tutupnya.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id