Survei Lokasi dan Siap Cuti untuk Mengantar Anak Ikut UTBK

    Citra Larasati - 05 Juli 2020 12:17 WIB
    Survei Lokasi dan Siap Cuti untuk Mengantar Anak Ikut UTBK
    Andri Puspita Dewi (kiri) saat mengantar putrinya, Azzahra August (kanan) melakukan survei lokasi UTBK di Gedung FIB UI, Depok. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
    Jakarta: Andri Puspita Dewi dan putrinya, Azzahra August tampak santai duduk di luar Gedung 8 Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) menjelang pukul 09.00 WIB, Minggu, 5 Juli 2020.  Sementara beberapa anak lainnya berlari kecil dan bergegas menuju ruang Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

    Pagi itu, Andri tengah melakukan survei lokasi UTBK untuk putri sulungnya.  Zahra dijadwalkan mengikuti UTBK pada Rabu, 8 Juli 2020 di Gedung 8 FIB UI.

    "Sengaja Saya datang hari ini untuk survei lokasi, menghitung estimasi waktu tempuh perjalanan juga dari rumah ke UI. Agar di hari H nanti, anak Saya tidak susah mencari-cari ruangan dan membuang waktu," kata warga Pondok Kopi, Jakarta Timur ini saat ditemui di Gedung FIB UI, Depok, Minggu, 5 Juli 2020.

    Andri mengatakan, hari ini ia berangkat dari rumah pukul 07.00 WIB dan hanya membutuhkan waktu 40 menit perjalanan untuk sampai ke kampus UI Depok. Namun menurut Andri, di hari H UTBK nanti ia berencana akan berangkat lebih pagi lagi, sebab harus memperhitungkam kemacetan di hari kerja.

    "Sepertinya Rabu besok Kami akan jalan lepas subuh, karena itu hari kerja takut macet," ungkap Andri.

    Baca: Panitia di LTMPT Panjatkan Doa untuk Kelancaran UTBK 2020

    Di hari ujian itu pula, Andri sengaja mengambil cuti kerja demi mengantar dan memberi support untuk Zahra. "Pokoknya Saya berikan yang terbaik untuk anak Saya agar bisa masuk di kampus terbaik ini," ujar pegawai di RS Persahabatan ini.

    Zahra sendiri mencantumkan program studi Sastra Indonesia di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI di pilihan pertama Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Sedangkan pilihan keduanya di Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

    "Saya memilih Sastra Indonesia karena mau jadi guru," kata Zahra.

    Sebelumnya, Zahra juga sudah mengikuti jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk mengincar prodi yang sama. Namun belum beruntung. 

    "Jadi Saya coba di SBMPTN, kalau belum berhasil akan coba lagi di Jalur Mandiri," ujar lulusan MAN 20 Jakarta ini.

    Harapan untuk kuliah di UI ia tempuh dengan usaha keras.  Tidak hanya mengikuti bimbingan belajar, namun ia juga aktif belajar secara mandiri terutama di tiga bulan terakhir.

    "Saya banyak latihan soal, belajar dari YouTube, Google, dan ikut try out untuk pemantapan di tiga bulan terakhir ini," terangnya.

    Baca: Panduan UTBK di UI yang Harus Dipatuhi Peserta

    Persiapan yang tak kalah penting yang Zahra lakukan untuk UTBK nanti adalah mempersiapkan sejumlah Alat Pelindung Diri dan sejumlah alat pendukung protokol kesehatan covid-19 lainnya.

    "Saya sudah komplit semua sesuai arahan panitia UTBK, sudah siapkan face shield, masker, alat tulis, hand sanitizer dan lainnya. Saya optimis bisa menembus SBMPTN karena sudah belajar keras," tutup Zahra.

    Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan UTBK gelombang pertama, 5 Juli 2020. 

    Sebelumnya, Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2020 diputuskan digelar dua gelombang. Gelombang pertama digelar 5-14 Juli 2020 dan kedua pada 20-29 Juli 2020.

    Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 juga turut mengubah jumlah sesi ujian dalam satu hari. Sebelumnya, dalam satu hari menggelar empat sesi ujian, kini ditetapkan hanya dua sesi ujian.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id