Kemendikbud Pastikan Semua 'Ospek' Digelar Daring

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 24 Juni 2020 19:36 WIB
    Kemendikbud Pastikan Semua 'Ospek' Digelar Daring
    Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendikbud, Nizam. Foto. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memastikan kegiatan pengenalan kampus pada mahasiswa baru (maba) atau dulu dikenal dengan istilah ospek di seluruh perguruan tinggi akan digelar secara daring. Tidak ada kegiatan tatap muka maupun pengumpulan massa.

    “Jadi semua daring, tidak ada pertemuan fisik,” kata Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nizam dalam 'Bincang Sore' secara daring, Rabu, 24 Juni 2020.

    Nizam menyebut, sudah mengeluarkan pedoman pengenalan kampus untuk mahasiswa baru secara daring.  Pedoman yang sudah disebarkan ke perguruan tinggi sejak tiga pekan lalu ini berisikan tentang pengenalan kampus, kegiatan-kegiatan kampus hingga pengembangan diri.

    “Pada dasaranya pengenalan kehidupan kampus, organisasi kampus, kegiatan di kampus, cara belajar di perguruan tinggi,” jelasnya.

    Baca juga:  Digelar Daring, Rektor Jamin 'Ospek' UGM Tetap Seru

    Selain itu juga pedoman untuk pengembangan diri untuk meraih kesuksesan. Nizam menambahkan, yang tidak kalah penting adalah tata krama dan etika di kampus.

    “Itu sudah kita siapkan dan Kami dorong untuk membangun kreativitas,” terang Dekan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ini.

    Perguruan Tinggi yang sudah siap dengan pengenalan kampus secara daring ini salah satunya adalah UGM.  Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan, saat ini materi untuk Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) telah disiapkan untuk digelar secara daring.  

    Baca juga:  Kampus Tak Dipaksa Jadi Pusat UTBK Jika Belum Siap

    Nantinya kegiatan PPSMB atau pengenalan kampus UGM ini akan dikemas secara menarik, meski mahasiswa baru tidak dapat bertatap muka secara langsung seperti tahun-tahun sebelumnya.

    “Ini memang event yang hilang bagi mahasiswa baru, karena mahasiswa baru ini sangat menikmati, sangat bergembira ketika melaksanakan PPSMB di lapangan, setiap tahun Saya bisa merasakan kegembiraan mereka.  Tapi tahun ini terpaksa kami rancang daring,” kata Panut dalam Live Instagram bertema "Menjadi Kampus Terbaik, UGM Makin Dilirik" di akun @osc_medcom.id, Selasa, 23 Juni 2020.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id