SNMPTN/SBMPTN 2020

    Palsukan Data Penghasilan Orang Tua, Siswa Bisa Didiskualifikasi

    Ilham Pratama Putra - 14 Februari 2020 15:19 WIB
    Palsukan Data Penghasilan Orang Tua, Siswa Bisa Didiskualifikasi
    Ilustrasi. Foto: MI/Bary Fathahilah
    Jakarta:  Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengingatkan agar siswa mengisi data dalam formulir pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan sebenar-benarnya.  Sebab jika LTMPT menemukan kecurangan, baik siswa maupun sekolah dapat dikenakan sanksi bahkan didiskualifikasi.

    Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto menegaskan, jika ditemukan kecurangan dalam pengisian data dalam pendaftaran SNMPTN, siswa bakal kena sanksi diskualifikasi. 

    Termasuk jika siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN dan terbukti melakukan kecurangan juga akan dibatalkan status kelulusannya.  "Di terakhir kan kita selalu ada disclaimer, bahwa data yang diisikan harus benar. Jika nanti ditemukan tidak benar, siap untuk digugurkan," kata Budi, kepada Medcom.id, Jumat, 14 Februari 2020.

    Budi mengatakan, modus kecurangan yang paling sering dilakukan adalah pemalsuan biodata orang tua. Dalam hal ini memanipulasi status ekonomi keluarga.

    "Di sana jelas-jelas pendapatan ada bapak ada ibu. Tapi yang diisi bapak saja misalnya. Ya yang seperti itu kategori curang," jelas Budi.  

    Sanksi tegas juga akan dijatuhkan kepada sekolah yang melakukan kecurangan.  Sekolah yang terbukti melakukan kecurangan akan dikenakan sanksi tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya.

    Namun dia menyatakan, kecurangan dalam pendaftaran SNMPTN tersebut biasanya tidak terlalu banyak terjadi setiap tahunnya. Bahkan tingkat kecurangan yang terjadi dari tahun ke tahun pun dinilai semakin menurun.

    "Kita bicara ratusan ribu pendaftar, kalau ada satu atau dua ya wajarlah. ada sajalah. Ya 0,00 sekian, pokoknya kecil," ungkap dia.

    Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah resmi dibuka hari ini Jumat, 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB.  Pendaftaran SNMPTN 2020 akan dibuka hingga 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id