Lewat Video, Nadiem Minta Masyarakat untuk 'di Rumah Saja'

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 17 Maret 2020 11:32 WIB
    Lewat Video, Nadiem Minta Masyarakat untuk 'di Rumah Saja'
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: istimewa
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta agar masyarakat dapat gotong royong untuk mengehentikan penyebaran virus Korona. Caranya dengan tetap berada di dalam rumah, baik untuk belajar, bekerja, hingga beribadah.

    Pesan ini ia sampaikan melalui video pendek berdurasi 1 menit 13 detik.  Video imbauan tersebut direkam dari kediaman Nadiem.  "Halo selamat malam, ini Mas Menteri melaporkan dari rumah, hari Senin, 16 Maret," sapa Nadiem di dalam video yang diterima Medcom.id, Senin malam, 16 Maret 2020.

    Dalam video tersebut, Nadiem menyesalkan, sebab masih banyak masyarakat yang sebenarnya bisa bekerja dari rumah, tapi masih saja beraktivitas di luar rumah.  "Untuk itu saya tekankan, virus Korona ini bukan lah virus yang bisa diremehkan, virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat," tegas Nadiem.

    Bukan tanpa sebab, ajakan Nadiem ini sangat relevan, mengingat jumlah masyarakat yang positif Korona terus bertambah.  Data terbaru menyebutkan, jumlahnya sudah mencapai 134 dan persebaranya tidak hanya di Jakarta. 

    Bahkan, meskipun tidak memiliki gejala, namun tetap saja setiap orang dapat menjadi carrier (pembawa) korona yang dapat menularkan kepada orang lain.  "Menularkan kepada orang-orang yang kondisi kesehatannya kurang memadai seperti orang lanjut usia, hipertensi dan berbagai macam kondisi kesehatan lainnya. Jadi ingat, setiap kali keluar rumah kita bisa mengancam nyawa orang lain," tegas Nadiem.

    Untuk itu, Nadiem mengajak masyarakat Indonesia untuk menunjukkan budaya gotong royongnya dalam mencegah penyebaran Korona.  "Marilah kita menunjukkan bahwa Indonesia ini dengan azas gotong royong bisa menyelamatkan masyarakat Indonesia.  Yakni dengan bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah," kata Nadiem.

    Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar semua aktivitas masyarakat dilakukan dari dalam rumah. Mulai dari bekerja, belajar dan beribadah.

    “Ini saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Maret 2020.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id