Generasi Muda Diminta Pelajari Al-Qur'an Menghadapi Revolusi Industri 4.0

    Achmad Zulfikar Fazli - 20 Oktober 2020 19:48 WIB
    Generasi Muda Diminta Pelajari Al-Qur'an Menghadapi Revolusi Industri 4.0
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Jakarta: Para generasi muda diajak untuk menggali isi kandungan Al-Qur'an guna menambah ilmu pengetahuan. Al-Qur'an merupakan sumber ilmu pengetahuan bagi umat Islam.

    "Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terjadi sekarang sudah ada di Al-Qur'an. Tak perlu terlalu gembira, stres, atau galau soal perkembangan teknologi karena semua ini adalah masalah waktu saja," kata Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko dalam Webinar Seminar Nasional Peningkatan Spiritual Menuju Kebahagiaan Kehidupan Sejati di Era Revolusi Industri 4.0, yang digelar IAIN Surakarta, Selasa, 20 Oktober 2020.

    Menurut Budiman, isi surah dalam Al-Qur'an bisa menjadi penuntun dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Dalam berbagai surah, Al-Qur'an juga mengajarkan tentang berpikir kritis, manajemen waktu, semangat berbagi, dan bersyukur.

    "Dalam Al-Qur'an, ilmu pengetahuan untuk berpikir kritis dan menaklukkan ruang dan waktu. Apa yang terjadi di masa pandemi ini adalah bukti ruang dan waktu harus mampu ditaklukkan manusia. Setelah itu kita harus berbagi, dan diakhiri dengan bersyukur," ujar salah satu penggagas Undang-Undang Desa ini.

    Baca: Generasi Milenial Jadi Kunci Kesuksesan Ekonomi Digital RI

    Budiman juga mengajak generasi muda, umat muslim untuk berkolaborasi dengan Inovator 4.0 Indonesia dalam menggali Al-Qur'an untuk perkembangan ilmu pengetahuan di era digital.

    "Al-Qur'an memberikan teaser, agar manusia mengulik ilmu pengetahuan. Al-Qur'an ini kitab suci yang bukan jurnal ilmiah, tapi mengusik keingintahuan kita atas alam dan pemikiran-pemikiran atas alam serta misterinya," ujar Budiman.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id