NTT Berlakukan PTM Terbatas Mulai Mei

    Antara - 31 Maret 2021 16:44 WIB
    NTT Berlakukan PTM Terbatas Mulai Mei
    Ilustrasi. Foto: Antara/Kutnadi.



    Kupang: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bakal memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas pada awal Mei 2021. Kebijakan sesuai arahan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

    "Sesuai arahan Bapak Gubernur kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah secara terbatas dilaksanakan awal Mei dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi di Kupang, Rabu, 31 Maret 2021.






    Ia mengatakan, pihaknya sedang merampungkan persiapan PTM terbatas. Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dilakukan setelah pendidik dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan di provinsi berbasiskan kepulauan ini divaksin covid-19 secara lengkap.

    Linus Lusi mengatakan, dalam PTM, kesiapan sekolah dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 juga menjadi komitmen semua elemen pemangku bidang pendidikan. "Tentunya penerapan protokol kesehatan tetap menjadi prioritas dalam belajar tatap muka nantinya," ujarnya.

    Baca: Satgas Covid-19 Minta Pemda Sosialisasikan PTM Terbatas

    Ia mengatakan sebagai langkah konkret persiapan pembelajaran tatap muka ini maka pemerintah provinsi akan mengundang kepala daerah dari 22 kabupaten/kota untuk membicarakannya secara terpadu.

    "Pertemuan akan dilakukan pada pekan pertama April yang dipimpin langsung oleh Bapak Gubernur," ujar dia.

    Sebelumnya, Pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. SKB itu mengatur terkait dimulainya pembelajaran sekolah tatap muka secara terbatas pada Juli 2021.

    Melalui SKB tersebut, pemerintah mewajibkan sekolah memberikan opsi layanan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Opsi itu diwajibkan bagi sekolah yang guru dan tenaga kependidikannya telah selesai divaksinasi.

    Namun, sekolah juga diminta tetap menyediakan layanan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Opsi ini untuk siswa yang belum mendapat izin dari orang tua karena sejumlah pertimbangan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id