Berita Terpopuler Pendidikan, UTBK-SBMPTN 2021 Hingga Kondisi Pendidikan di Satu Tahun Covid-19

    Arga sumantri - 03 Maret 2021 08:04 WIB
    Berita Terpopuler Pendidikan, UTBK-SBMPTN 2021 Hingga Kondisi Pendidikan di Satu Tahun Covid-19
    Ilustrasi. Foto: MI/Arya Manggala



    Jakarta: Informasi seputar Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) 2021 menyedot perhatian pembaca kanal Pendidikan Medcom.id, kemarin. Khususnya, terkait tanggal-tanggal penting dalam rangkaian UTBK-SBMPTN 2021.

    Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membagikan jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN 2021. Jadwal ini memang cukup dinanti peserta. 






    Sebelum mendaftar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan para peserta. Mulai dari registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hingga pengisian data pendaftaran UTBK-SBMPTN.

    Kemudian, berita seputar satu tahun covid-19, khususnya di sektor pendidikan, juga mencuri perhatian pembaca. Kabar terkini dunia pendidikan usai setahun pandemi melanda rupanya menarik minat pembaca.

    Berikut tiga berita populer kanal Pendidikan Medcom.id, Selasa, 2 Maret 2021:

    1. Tanggal Penting Tahapan UTBK-SBMPTN 2021

    Tahapan untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 telah dibuka. Namun sebelum mendaftar, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan para peserta.
     
    Mulai dari registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) hingga pengisian data pendaftaran UTBK-SBMPTN. Jadwal UTBK-SBMPTN tahun ini dimulai 7 Februari hingga 14 Juni 2021.

    Berita selengkapnya di sini

    2. Dana BOS Bisa Dipakai Beli Kuota Internet

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan subsidi kuota internet untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen. Kuota internet sebesar 7 gigabyte hingga 12 gigabyte per bulan bakal diberikan dalam tiga bulan ke dapan.
     
    Jika kuota internet tersebut dirasa belum cukup, Mendikbud Nadiem Makarim menyebut para pelajar dan pendidik bisa memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS bisa digunakan untuk membeli kuota para pelajar dan pendidik.
     
    "Bagi sekolah-sekolah yang membutuhkan tambahan biaya kuota, ya mereka bisa menggunakan dana BOS," ujar Nadiem dalam konferensi pers daring, Senin, 1 Maret 2021.

    Berita selengkapnya di sini

    3. Satu Tahun Covid-19: Sekolah Masih di Rumah Saja?

    Pandemi covid-19 membuat dunia pendidikan khususnya sekolah dasar dan menengah mengubah model pembelajaran. Dari yang biasanya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring.
     
    Hari ini tepat satu tahun covid-19 di Indonesia lalu bagaimana kondisi pendidikan di Tanah Air apa masih belajar di rumah?
     
    Pada Maret 2020, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Salah satu poin dari SE itu adalah soal pembelajaran dari rumah secara jarak jauh (PJJ) atau daring.

    Berita selengkapnya di sini

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id