comscore

Mahasiswa Vokasi Harus Lihat Perkembangan Teknologi Sebagai Peluang

Ilham Pratama Putra - 14 Juni 2022 17:48 WIB
Mahasiswa Vokasi Harus Lihat Perkembangan Teknologi Sebagai Peluang
Ilustrasi/Medcom.id
Jakarta: Perkembangan teknologi di pendidikan vokasi harus dilihat sebagai peluang yang mesti dimanfaatkan mahasiswa. Perkembangan teknologi mesti dimanfaatkan mahasiswa vokasi untuk menghadapi dunia usaha dan industri ke depan.

"Perkembangan yang terjadi di industri jangan dihadapi dengan penuh kekhawatiran, tetapi dihadapi dengan antusias. Setiap mahasiswa perlu terus menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan tekniknya," tutur Dosen Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri), Irawan Malik dalam siaran pers, Selasa 14 Juni 2022.
Menurut dia, kemampuan mahasiswa untuk adaptif terhadap tantangan ini mesti terus diasah. Kemauan mahasiswa beradaptasi dan terus belajar mesti ditingkatkan.

"Sehingga bisa menjadi jawaban kebutuhan sektor industri dan untuk menjadi penerus di bidangnya masing-masing,” terang Irawan.

Dunia industri diakui mengalami perkembangan yang cepat. Adopsi teknologi teknologi terbaru telah mengubah lanskap dunia kerja.

"Perubahan ini membawa berbagai tantangan dan kita perlu mempersiapkan diri dengan baik dengan menyiapkan berbagai keterampilan tambahan sehingga bisa menjadikan tantangan sebagai peluang,” ungkap Branch Head Trakindo Prabumulih, Faisal Muhdana.

Menurut dia, apa yang dipelajari di bangku perguruan tinggi dan apa yang dipahami di awal karier, bisa sangat berbeda dalam kurun waktu dua tahun setelahnya. Maka dari itu sangat penting bagi mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang mendukung pengetahuan dan keterampilan teknik yang dipelajari.

"Sektor industri terus berkembang, mulai dari aplikasi teknologi, standar, hingga ekspektasi pelanggan, maka dari itu mahasiswa perlu menumbuhkan sifat adaptif. Dengan mengembangkan soft skills, kemampuan hard skills akan beriringan ikut terus bertumbuh mengikuti perkembangan zaman,” ucap Faisal.

Baca juga: Universitas Brawijaya Resmi Memiliki Fakultas Vokasi


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id