comscore

Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Kamu

Renatha Swasty - 04 Mei 2022 13:52 WIB
Anak IPS, Ini 10 Jurusan Kuliah Terbaik untuk Kamu
Ilustrasi kuliah. Medcom.id
Jakarta: Siswa jurusan IPS di SMA kerap mendapat stereotipe berisi anak-anak “urakan” dan tidak memiliki masa depan yang pasti. Padahal, stereotipe ini salah besar.

Bukan hanya anak IPA saja, anak IPS juga memiliki berbagai jurusan di kampus yang memiliki prospek karier menjanjikan. Berikut 10 jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS dikutip dari Zenius:

1. Jurusan Komunikasi

Salah satu jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS yang memiliki prospek kerja menjanjikan adalah Jurusan Komunikasi. Jurusan Komunikasi merupakan sebuah jurusan yang mendalami ilmu komunikasi dalam berbagai ranah, mulai dari komunikasi dalam ranah bisnis, pendidikan, hingga komunikasi interpersonal dalam keseharian.
 
Sobat Medcom tidak hanya belajar komunikasi antar manusia saja, ilmu komunikasi juga memiliki pengaruh besar dalam industri. Beberapa prospek kerja yang bisa diraih dari jurusan ini adalah public relation, content creator, hingga bekerja di media sebagai jurnalis atau reporter.

2. Jurusan Administrasi Bisnis

Berkarier sebagai pebisnis tampaknya menjadi salah satu prospek karier menjanjikan yang diidamkan banyak orang. Oleh karena itu, salah satu jurusan terbaik untuk anak IPS selanjutnya adalah Jurusan Administrasi Bisnis.
 
Di Jurusan Administrasi Bisnis, Sobat Medcom akan mempelajari seputar seluk-beluk alur bisnis, mulai dari produksi, pemasaran, SDM, hingga regulasi organisasi atau perusahaan bisnis tersebut.
Sobat Medcom yang tertarik mengambil jurusan ini, berbagai prospek kerja yang terbuka untuk jurusan ini adalah marketing specialist, social media specialist, manager, hingga menjadi pebisnis.

3. Jurusan Manajemen

Jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS selanjutnya adalah Jurusan Manajemen. Jurusan ini sebenarnya memiliki kemiripan dengan Jurusan Administrasi Bisnis karena sama-sama mempelajari seluk beluk organisasi bisnis. Namun, di jurusan ini Sobat Medcom hanya terfokus pada manajemen perencanaan bisnis dan perilaku organisasi saja, tidak sampai menekuni bidang administrasi regulasi.
 
Seperti namanya, di Jurusan Manajemen ini Sobat Medcom akan diajarkan mengenai teori dan keahlian untuk mengatur bidang-bidang dalam perusahaan. Oleh karena itu, prospek kerja yang terbuka untuk jurusan ini adalah menjadi manager, human resource development (HRD), hingga recruiter.

4. Jurusan Hubungan Internasional

Kemudian, bagi Sobat Medcom yang tertarik dengan politik luar negeri atau kerja sama internasional, bisa memilih Jurusan Hubungan Internasional sebagai studi lanjutan. Jurusan Hubungan Internasional (HI) merupakan jurusan yang mempelajari hubungan atau interaksi negara dalam skala internasional atau global.
 
Prospek kerja yang terbuka untuk jurusan ini cukup menjanjikan. Beberapa di antaranya menjadi duta besar, diplomat, hingga bekerja di bidang pemerintahan.

5. Jurusan Psikologi

Kalau Sobat Medcom tertarik mempelajari karakteristik seseorang dan perilakunya, Jurusan Psikologi bisa menjadi jurusan kuliah untuk anak IPS selanjutnya. Seperti namanya, di jurusan ini Sobat Medcom akan mempelajari karakteristik dan perilaku manusia.
 
Dalam ranah industri, keahlian tersebut sangat diperlukan untuk menganalisis sumber daya manusia dalam organisasi hingga membaca karakteristik konsumen. Sobat Medcom juga membuka klinik psikologi sendiri. Oleh karena itu, jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup cerah, seperti menjadi seorang human resource development (HRD) hingga menjadi psikolog klinis.

6. Jurusan Hukum

Terbayang tidak apa jadinya jika tidak ada hukum atau ahli hukum dalam masyarakat, wah, bisa jadi keadaan menjadi tak teratur dengan baik. Oleh karena itu, seseorang dengan pemahaman tentang hukum yang cukup akan selalu dibutuhkan dalam masyarakat. Dengan begitu, jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS selanjutnya adalah Jurusan Hukum.
 
Sebagai mahasiswa Jurusan Hukum, Sobat Medcom akan belajar mengenai hukum, mulai dari hukum dalam pemerintahan, hukum dalam ekonomi, hingga hukum dalam lingkup sosial. Nantinya, setelah lulus dari jurusan ini, Sobat Medcom bisa berkarier menjadi staf legal dalam berbagai perusahaan ataupun terjun ke ranah politik.

7. Jurusan Akuntansi

Jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS selanjutnya adalah Jurusan Akuntansi. Rasanya, jurusan satu ini sudah tak asing lagi bagi anak IPS. Hampir sebagian besar kegiatan perekonomian berhubungan dengan kegiatan pencatatan dan analisis keuangan. Hal inilah yang nantinya akan Sobat Medcom pelajari di Jurusan Akuntansi.
 
Sebagai lulusan Jurusan Akuntansi, salah satu prospek kerja yang terbuka dan banyak dibutuhkan perusahaan adalah tenaga akuntan.

8. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Produk dengan tampilan yang menarik dan estetik belakangan ini cukup banyak dilirik masyarakat. Sobat Medcom yang memiliki ketertarikan dalam bidang desain produk, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS selanjutnya.
 
Di Jurusan DKV, Sobat Medcom akan belajar seputar ilmu desain yang nantinya diaplikasikan dalam produk untuk menarik minat konsumen. Jadi, setiap tampilan atau packaging produk yang dilihat, baik nyata ataupun digital, merupakan hasil cipta seseorang dengan keahlian DKV.
 
Beberapa prospek kerja yang terbuka untuk lulusan jurusan ini adalah UI/UX designer, product design, animator, videographer, hingga graphic design.

9. Jurusan Administrasi Fiskal

Kemudian, jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS lainnya yang bisa dipilih adalah Jurusan Administrasi Fiskal. Jurusan Administrasi Fiskal merupakan jurusan yang mempelajari mengenai pengelolaan sumber kekayaan atau pajak masyarakat.
 
Jurusan satu ini juga memiliki prospek karier yang cerah. Sebagai lulusan Jurusan Administrasi Fiskal, Sobat Medcom bisa berkarier dalam bidang bea cukai.

10. Jurusan Sastra Asing

Siapa bilang jurusan sastra tidak memiliki prospek karier yang menjanjikan? Saat ini sudah banyak keahlian bahasa asing yang dibutuhkan dalam dunia karier. Misalnya, dalam perusahaan multinasional yang membutuhkan interpreter pada saat meeting atau pertemuan kerja.
 
Profesi interpreter ini terbuka untuk lulusan Jurusan Sastra Asing, seperti Sastra Inggris, Mandarin, Jepang, dan sebagainya. Sobat Medcom juga bisa menekuni karier sebagai sastrawan, penulis, hingga translator.
 
Itulah 10 jurusan kuliah terbaik untuk anak IPS yang bisa dipilih. Tapi, perlu dipahami jurusan di luar daftar di atas bukan berarti tidak menjanjikan dan tidak bisa dipilih. Pada akhirnya seluruh jurusan sama-sama bermanfaat.

Baca: Supaya Nggak Salah Jurusan, Ini Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id