comscore

UB Hingga UIN Maliki Bakal Bangun Kampus di Kabupaten Malang

Daviq Umar Al Faruq - 30 Maret 2022 11:41 WIB
UB Hingga UIN Maliki Bakal Bangun Kampus di Kabupaten Malang
Bupati Malang M Sanusi. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Malang: Sebanyak empat perguruan tinggi bakal membangun kampus baru di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Keempat perguruan tinggi tersebut ialah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang (Unisma), dan Politeknik Pariwisata (Poltekpar).

"Untuk mengungkit perekonomian, saya kerja sama dengan UB. Dan Juli, untuk S1 nya, ini kesepakatan saya dengan Pak Rektor akan pindah ke Kepanjen. Jadi, seluruh mahasiswa S1 nanti dimulai akan di Kepanjen, sebanyak 70 ribu," kata Bupati Malang, M Sanusi, Selasa, 29 Maret 2022.
Sanusi berharap perekonomian masyarakat Kabupaten Malang berangsur membaik dengan kedatangan mahasiswa yang jumlahnya mencapai puluhan ribu tersebut. Kondisi itu juga diharapkan bisa mengangkat kemiskinan di Kabupaten Malang.

"Kalau satu mahasiswa menghabiskan biaya hidup di Kepanjen ditaksir Rp1 juta per bulan, berarti dalam satu bulan akan ada Rp70 miliar uang yang berputar di Kepanjen," tutur dia.

Sanusi menuturkan UIN Maliki Malang bakal membangun tiga fakultas di lahan seluas 16 hektare di Kecamatan Turen. Ketiga fakultas tersebut ialah Peternakan, Perikanan, dan Pertanian.

Sementara itu, wilayah Kecamatan Karangploso nantinya akan dikembangkan untuk program studi S1 Unisma. Sejauh ini puluhan hektare lahan sudah disiapkan untuk pengembangan Unisma di Kecamatan Singosari.

"Jadi, kita bagi zona pendidikan ini. Agar nanti masyarakat Kabupaten Malang, untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sudah ada di daerahnya masing-masing," beber dia.

Sementara itu, berdasarkan data yang dihimpun Medcom.id, Kabupaten Malang memiliki sejumlah perguruan tinggi. Pada tingkat universitas terdapat Universitas Ma Chung dan Universitas Islam Raden Rahmat (Unira). Sementara itu, tingkat politeknik terdapat Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang.

Kemudian, tingkat sekolah tinggi terdapat Sekolah Tinggi Teknik Industri Turen, STIE Al-Rifa'ie, STIE Widya Dharma, Stikes Kepanjen, Stikes Widya Cipta Husada, STAI Nahdlatul Ulama Malang, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ibnu Sina, Sekolah Tinggi Filsafat Al-Farabi, dan Sekolah Tinggi Teologi Yestoya Malang.

Kemudian, Sekolah Tinggi Teologi Tabernakel, Sekolah Tinggi Teologi Aletheia, Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN), Sekolah Tinggi Teologi Elohim (STTELA), Sekolah Tinggi Teologi Satyabhakti (STT SATI), dan Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang (SEABS). Sedangkan tingkat akademi terdapat Akademi Kebidanan Sukawati dan tingkat institut terdapat Institut Agama Islam Al-Qolam.

Baca: UB Jadi PTN Penerima Peserta SNMPTN 2022 Terbanyak
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id