comscore

Sah, UNS Tambah Dua Fakultas Baru

Citra Larasati - 25 Maret 2022 13:59 WIB
Sah, UNS Tambah Dua Fakultas Baru
Kampus UNS. Foto: Dok. UNS
Jakarta:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta resmi menambah dua fakultas baru. Rektor UNS, Jamal Wiwoho menjelaskan kedua fakultas baru tersebut adalah Fakultas Psikologi serta Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data.

Keputusan resmi pembukaan Fakultas Psikologi UNS tertuang dalam SK Rektor No. 319/UN27/HK/2022. Sedangkan keputusan resmi pembukaan Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS tertuang dalam SK Rektor No. 320/UN27/HK/2022.
Kedua Surat Keputusan (SK) Rektor UNS tersebut diterbitkan tertanggal 11 Maret 2022.  Kehadiran fakultas-fakultas baru di lingkungan UNS turut disertai dengan banyak harapan.

Rektor UNS kepada Fakultas Psikologi yang sebelumnya telah 17 tahun berdiri sebagai Program Studi (Prodi) berharap adanya perkembangan yang lebih cepat dan lebih baik lagi ke depannya. “Fakultas Psikologi juga sudah lama sebagai Prodi. Kita harapkan dengan meningkatnya prodi menjadi fakultas, perkembangan Fakultas Psikologi ke depan jauh lebih cepat dan lebih baik,” harap Jamal, Jumat, 25 Maret 2022.

Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS juga dinilai oleh Jamal sebagai fakultas yang futuristik. Fakultas tersebut sangat sesuai dengan era disrupsi dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang.

Pembukaan fakultas baru kali ini melalui proses yang berbeda mengingat status UNS yang kini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).  Jamal menyampaikan bahwa otonomi pendidikan yang dimiliki UNS sekarang mendorong adanya regulasi baru untuk membuka fakultas, prodi, dan lainnya.

“Prosesnya diajukan oleh rektor kepada Senat Akademik dan ditelaah oleh Senat Akademik. Setelah itu direkomendasikan oleh Senat Akademik untuk bisa dibuka kedua fakultas itu,” tutur Jamal.

Jamal juga menjelaskan suatu model berbeda terkait penambahan fakultas baru kali ini. Selaku Rektor UNS, ia mengatakan bahwa tidak berencana akan ada dekan baru untuk fakultas-fakultas tersebut. Hal ini didasarkan atas status PTNBH yang disandang UNS sehingga lebih ramping secara struktural tetapi memiliki fungsi yang kaya.

“Kita sekarang punya tiga belas fakultas dan dua sekolah tidak harus misalnya saja dekannya lima belas, tetap tiga belas. Bisa saja ke depan lebih simpel lagi. Lima belas fakultas itu bisa saja dekannya kurang dari sepuluh, misalnya saja,” terang Jamal.

Baca juga:  UNS Buka Prodi S1 Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok

Berkaitan dengan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, kedua fakultas ini memberikan penambahan kuota mahasiswa untuk keseluruhan jalur. Bersumber dari unggahan akun Instagram @spmbuns, kuota mahasiswa Fakultas Psikologi UNS meningkat dari 150 menjadi 250 orang. Sedangkan kuota mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data UNS meningkat dari 80 menjadi 100 orang.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id