Cakradewa ITS Manfaatkan Barang Bekas Jadi Mobil Listrik

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 26 November 2019 13:46 WIB
    Cakradewa ITS Manfaatkan Barang Bekas Jadi Mobil Listrik
    Alpha-1, Mobil listrik karya mahasiswa ITS yang tergabung dalam Tim Cakradewa. Foto: ITS/Dok. Humas
    Surabaya:  Mobil listrik bernama Alpha-1 karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang tergabung dalam Tim Cakradewa berhasil meraih prestasi dalam ajang Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) ke-11.  Alpha-1 yang dirakit memanfaatkan barang bekas ini meraih penghargaan untuk kategori Best Design Poster and Presentation.

    General Manager Tim Cakradewa, Jesly Theonof Sitorus menuturkan, keterbatasan waktu yang dimiliki membuat timnya memanfaatkan barang bekas seadanya.  Semua komponen mobil Alpha-1 ini merupakan buatan ITS, mulai penggerak hingga controller-nya.

    Menariknya lagi, Tim Cakradewa berisikan mahasiswa yang belum berpengalam merakit mobil listrik. Bahkan belum memiliki pengalaman mengelas.  Meski dengan berbagai kekurangan, waktu tiga bulan waktu persiapan benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Tim Cakradewa.

    Mulai dari konsultasi dengan ahli sampai terus menerus bongkar pasang.  “Kami mencoba dan terus coba hingga berhasil,” ujar pria yang akrab disapa Theonof ini, dalam siaran pers ITS, Surabaya, Selasa, 26 November 2019.

    Usut punya usut, segala keterbatasan yang dimiliki timnya salah satunya lantaran kekurangan biaya. Beruntungnya, mereka mendapat sokongan dari berbagai pihak termasuk IKOMA ITS.  “Kami sangat bersyukur untuk semua dukungan itu,” tuturnya.

    Theonof menuturkan, bahwa keberhasilan timnya meraih Best Design Poster and Presentation pada ajang tersebut karena memaparkan semua data di proposal dengan lengkap. Mulai dari langkah kerja, timeline kerja, hasil perhitungan, hasil pengujian, hingga simulasi rangka secara terperinci.

    Meski memanfaatkan barang bekas dengan persiapan yang mepet, Alpha-1 tetap memiliki keunggulan.  “Dengan hal itu, kami bisa meraih Best Design Poster and Presentation pada ajang tersebut,” tambahnya.

    Kepala Departemen Mekanik Cakradewa, Puguh Pambudi memaparkan, Alpha-1 merupakan mobil paling ringan dengan berat 134 kilogram dan berdimensi kecil ramping. Tak sekadar ringan, kecil, dan ramping Alpha-1 juga paling lincah.

    "Dengan hanya menggunakan daya input 2 kW (Kilowatts) bisa menembus 4000 RPM (Rotasi Per Menit), untuk torsi menembus sekitar 18 Newton Meter,” jelasnya




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id