Saatnya Penyederhanaan Tugas Administrasi Guru Berbasis Aplikasi

    Intan Yunelia - 29 November 2019 21:15 WIB
    Saatnya Penyederhanaan Tugas Administrasi Guru Berbasis Aplikasi
    Seorang guru tengah mengajar murid di muka kelas, Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta:  Anggota Komisi X DPR, Putra Nababan mengusulkan penyederhanaan laporan administrasi guru berbasis daring melalui aplikasi. Ia mencontohkan seperti yang sudah diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI di era Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama lewat 'One Click Service'.

    "Seperti yang diciptakan di era Ahok melalui aplikasi One Click Service dan ID.e Disdik (Informasi Data Elektronik Disdik) yang dikembangkan Dinas Pendidikan DKI Jakarta," kata Putra Nababan kepada Medcom.id, Jumat, 29 November 2019.

    Selain lebih ringkas dan sederhana, aplikasi ini juga dapat membantu guru dalam kepengurusan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Tanpa perlu mengurusnya  ke dinas pendidikan, sekarang cukup dari sekolah saja.

    Menurut mantan jurnalis ini, aplikasi mampu memangkas regulasi menjadi lebih mudah serta dapat diterapkan di daerah-daerah lain.  Ditambah biayanya relatif terjangkau cukup dengan menggunakan telepon pintar. 

    "Guru juga perlu dimudahkan untuk tidak lagi memasukan dokumen yang menggunakan kertas ke dalam laporan kerja melainkan cukup lewat digitalisasi peralatan," jelasnya.

    Guru juga nantinya akan dimudahkan dalam urusan administrasi yang terkait dengan tunjangan profesi, sebab yang biasanya dilakukan dengan mengisi sederet formulir untuk diserahkan kepada Badan Kepegawaian Daerah dan sekarang tinggal berbasis aplikasi.

    "Kemudian jika menyangkut kenaikan pangkat, guru diwajibkan membuat makalah atau karya tulis. Bejibunnya kewajiban dan tuntutan kepada guru tak memungkinkan mereka berinovasi di kelas dan kerap berjalan satu arah," tutupnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id