comscore

Rektor Beberkan Prodi-prodi Favorit Jalur UTBK-SBMPTN di UGM

Ilham Pratama Putra - 18 Mei 2022 14:52 WIB
Rektor Beberkan Prodi-prodi Favorit Jalur UTBK-SBMPTN di UGM
Kampus UGM. Foto: Dok. UGM
Jakarta:  Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Panut Mulyono membeberkan sejumlah program studi (prodi) favorit pilihan para peserta ujian tulis berbasis komputer-seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) 2022.  Sejumlah prodi favorit tidak mengalami pergeseran signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Panut mengatakan, di antara prodi yang langganan menjadi favorit peserta UTBK-SBMPTN adalah Hubungan Internasional (HI).  "Kelompok Soshum (sosial humaniora) kalau dari sisi prodi, HI itu memang sangat banyak," kata Panut dalam live Instagram OSC Talks Special Hardiknas 2022 di akun @beasiswaosc, dikutip Rabu 18 Mei 2022.
Selain HI, prodi pariwisata, hukum, dan psikologi juga merupakan prodi yang paling banyak diminati di UGM pada jalur UTBK-SBMPTN. Jika dibandingkan tahun lalu, sebenarnya pilihan prodi favorit ini tak jauh berubah.

"Jadi dari tahun-tahun lalu itu tidak begitu mencolok perubahannya, masih banyak juga yang mau jadi diplomat," tuturnya.

Sementara untuk kelompok Saintek, pendaftar terbanyak adalah pada prodi yang berkaitan dengan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Pun pihaknya saat ini terus meningkatkan kualitas pendidikan di bidang TIK.

"Ada pergerakan trend ke sana ilmu komputer, TI, programmer. Jadi prodi yang terkait TIK itu menjadi pilihan dari adik-adik SMA. Tetapi hal-hal lain, misalnya Teknik Industri, bidang kesehatan, farmasi juga banyak mendapat perhatian pendaftar," ujar Panut.

Baca juga: Hari Pertama UTBK SBMPTN di UGM Diikuti 12.232 Peserta

Sebanyak 12.232 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jumlah tersebut terdiri atas 11.759 peserta ujian Saintek dan Soshum dan 473 peserta ujian Campuran.
 
“Pelaksanaan UTBK tersebar di 14 lokasi dan 48 ruangan,” kata Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih, dikutip dari ugm.ac.id, Rabu, 18 Mei 2022.

Pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi ke dalam dua gelombang.  Untuk gelombang I akan digelar mulai 17-23 Mei 2022, sedangkan UTBK gelombang II mulai 28 Mei-3 Juni 2022.  Informasi lengkap seputar PMB PTN 2022 dapat diakses langsung melalui laman Itmpt.ac.id dan media sosial @ltmptofficial.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id