comscore

'ITB untuk Indonesia', Program Terbaru di Seleksi Mandiri dan Ada Beasiswa UKT-nya Loh!

Citra Larasati - 04 Juni 2022 13:50 WIB
ITB untuk Indonesia, Program Terbaru di Seleksi Mandiri dan Ada Beasiswa UKT-nya <i>Loh</i>!
Kampus ITB. Foto: Dok. ITB
Jakarta:  Institut Teknologi Bandung (ITB) memperkenalkan sejumlah program baru penerimaan mahasiswa ITB, yaitu program ITB untuk Indonesia.  Pengenalan ini dilakukan saat Open House Pendidikan ITB 2022 yang digelar sejak 3-5 Juni 2022.

Program ini terdiri atas dua kategori, yakni program Seleksi Mandiri Program Studi Strategis Nasional dan Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T.  Di dalam program ini, ITB memberikan dukungan khusus kepada program studi yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan Indonesia, baik pembangunan industri dasar, industri hilir, dan perkembangan ilmu pengetahuan alam.
Program studi yang termasuk di dalam program studi strategis nasional adalah program studi Kimia, Fisika, Oseanografi, Meteorologi, Teknik Pascapanen, Rekayasa Kehutanan dan Rekayasa Pertanian. Bagi mahasiswa yang diterima melalui program Seleksi Mandiri Program Studi Strategis Nasional akan mendapatkan beasiswa UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Sehingga UKT setiap semester yang harus dibayarkan mahasiswa adalah Rp12,5 juta (dari Rp25 juta per semester bagi mahasiswa seleksi mandiri).  Beasiswa ini merupakan wujud dukungan ITB kepada bidang ilmu-bidang ilmu khusus yang memiliki posisi sangat penting di Indonesia.

Program kedua adalah program Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T. Di dalam program ini, ITB memberikan beasiswa UKT penuh sehingga mahasiswa tidak ditarik biaya penyelenggaran pendidikan.

"Hal ini merupakan wujud keberpihakan ITB kepada putra-putri terbaik di daerah 3T," kata Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto dilansir dari laman ITB, Sabtu, 4 Juni 2022.

Selain memberikan pembebasan biaya UKT, ITB juga memberikan pembebasan biaya pendaftaran. Syarat peserta Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T adalah alumni SMA kota dan kabupaten yang tergolong sebagai daerah 3T.

Program studi yang disediakan untuk program Seleksi Mandiri Dukungan Daerah 3T adalah program studi Kimia, Fisika, Astronomi, Teknik Fisika, Oseanografi, Meteorologi, Teknik Material, Teknologi Pascapanen, Rekayasa Pertanian, Rekayasa Kehutanan dan Teknik Geofisika.

Open House

Institut Teknologi Bandung kembali menyelenggarakan Open House Pendidikan ITB 2022 sejak 3-5 Juni 2022. Namun pelaksanaan open house kali ini sangatlah unik karena ditampilkan dengan format tematis.

Program-program studi yang dimiliki ITB disusun berdasarkan tema khusus, yaitu:

  • Ketahanan Energi dan Pangan
  • Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim
  • Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk sistem cerdas seperti smart city, smart monitoring, smart manufacturing, smart building, dll.
Arief menjelaskan, ketiga tema ini menjadi unggulan karena termasuk program-program strategis nasional Indonesia. Selain itu, ketiga tema tersebut juga sangatlah relevan dengan perkembangan dunia saat ini.

Sebagai ilustrasi, perubahan iklim yang semakin cepat dan perkembangan geopolitik dunia, misalnya perang antara Rusia dan Ukraina, menyebabkan pasokan energi dan pangan dunia terganggu. Oleh karena itu, dibutuhkan pengembangan bidang ilmu yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

"ITB memiliki potensi yang luar biasa melalui berbagai program studi yang dimilikinya untuk secara aktif berkontribusi kepada pemerintah dan masyarakat," kata Arief.

Selain itu, kata Arief, kita semua tidak dapat menutup mata dengan kemunculan berbagai perangkat teknologi baru di masyarakat. Salah satunya adalah keberadaan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Baca juga: Cek Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri 2022 di UI, Undip, dan ITS

Pengembangan kecerdasaan buatan ini tidak hanya monopoli program studi Informatika, tetapi juga dapat dipergunakan bidang lain seperti pengukuran potensi sumber daya alam dari jarak jauh, sistem penginderaan jarak jauh, dan simulasi pembuatan obat.

"Dari hal tersebut, ITB meyakini selain ketiga tema di atas dapat memenuhi program strategis nasional, tema-tema tersebut dapat membuka ruang kolaborasi berbagai disiplin ilmu sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat," ujarnya.

Di samping itu, ITB juga menyelenggarakan program Main ke ITB. Melalui program ini, ITB akan mengundang secara terbatas kepada calon mahasiswa untuk berkunjung ke dalam kampus ITB baik di Kampus Ganesha maupun di Kampus Jatinangor. Para calon mahasiswa dapat berkeliling kampus kami dan dapat berkunjung ke berbagai laboratorium yang akan dibuka secara khusus untuk kunjungan tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga:  UTBK Gelombang 2 di ITB Diwarnai Peserta Pingsan Karena Belum Sarapan

"Melalui pelaksanaan open house tematik dan berbagai program penerimaan yang akan dilaksanakan, ITB berharap dapat memberikan informasi kepada calon mahasiswa secara komprehensif. Selain itu, melalui kegiatan open house tematik ini, ITB dapat berkontribusi dalam mendukung program-program strategis nasional di Indonesia," ujar Arief.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id