comscore

Mengenal 2 Solusi Persamaan Rumus Trigonometri

Medcom - 20 Juni 2022 21:17 WIB
Mengenal 2 Solusi Persamaan Rumus Trigonometri
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Jakarta: Persamaan trigonometri adalah persamaan yang hanya memuat fungsi trigonometri. Misalnya, sin (x) = cos (x) atau sin (x) = tan (x).

Persamaan trigonometri bisa diselesaikan dengan dua solusi, yakni solusi prinsipal dan solusi umum. Solusi umum ini pun terbagi lagi menjadi tiga jenis, apa sajakah itu?
Untuk mengupasnya lebih lanjut, simak pembahasan mengenai dua solusi persamaan rumus trigonometri berikut yang dikutip dari Zenius.

Solusi Prinsipal

Solusi prinsipal adalah himpunan solusi yang memenuhi persamaan trigonometri dan terletak pada interval (0, 2????). Sebagai contoh, cara menentukan nilai x dari persamaan cos (x) = 1.

Untuk membuat cos bernilai 1, maka x yang dimaksud antara 0 dan 360 derajat. Dari kedua angka tersebut, hanya 0 yang termasuk sebagai solusi prinsipal.

Sebab, meskipun 360 derajat merupakan bentuk lain dari 2????, angka ini tidak termasuk solusi prinsipal lantaran nilainya sama dengan batas atas. Dengan begitu, prinsip prinsipal dari cos (x) = 1 hanyalah x = 0.

Solusi prinsipal persamaan trigonometri juga bisa dilihat menggunakan grafik. Misalnya, menentukan nilai x dari persamaan sin (x) = 1/2 dari fungsi f(x) = sin (x). Fungsi tersebut akan berulang atau periodik, seperti pada grafik selama periode 2????.

Nilai 1/2 yang terletak pada sumbu Y dari angka tersebut dapat dibuat garis putus-putus. Pada grafik, garis putus-putus ini diberi warna merah.
 

Halaman Selanjutnya
Lalu, solusi dari sin (x)…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id