Udinus Kembangkan Aspal Berbahan Dasar Plastik

    Mustholih - 17 Februari 2020 19:54 WIB
    Udinus Kembangkan Aspal Berbahan Dasar Plastik
    Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meninjau proyek pengerasan jalan di Kampus Udinus dengan aspal plastik. Foto: Mustholih
    Semarang:  Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, Jawa Tengah, berhasil mengembangkan aspal berbahan dasar sampah plastik.  Pengembangan aspal plastik tersebut diharapkan bisa segera diterapkan dalam proyek pengerasan jalan-jalan di Kota Semarang.

    "Makanya, Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang tolong dipatenkan produk Udinus dan PU jadi pionir menerapkan pembangunan di Kota Semarang.  Tahun depan saya cek, kalau belum terwujud saya minta pertanggungjawaban PU," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Kampus Udinus, Semarang, Jawa Tengah, Senin, 17 Februari 2020.

    Menurut Hendrar, pengembangan aspal plastik dari Kampus Udinus ini patut diapresiasi. "Mudah-mudahan konsep seperti ini bisa ditiru. Karena bisa membuat jalan lebih halus dan mengurangi pencemaran lingkungan terutama plastik," ujar Hendrar.

    Rektor Udinus, Edi Noersasongko mengungkapkan, awal mula kampusnya mengembangkan aspal berbahan dasar sampah plastik. Berbekal keprihatinan atas maraknya pencemaran plastik terhadap lingkungan, Udinus bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengembangkan aspal plastik.

    Menurut Edi, untuk bisa mengeraskan jalan sepanjang satu kilometer dibutuhkan tiga ton cacahan plastik kresek dicampur dengan 444 ton aspal. Dia mengungkapkan bahwa campuran plastik justru menambah 40 persen kekuatan aspal dari kerusakan.

    "Kekuatan aspal plastik ini sudah diteliti di Pusjatan (Pusat penelitian, pengembangan jalan dan jembatan)," jelas Edi.

    Aspal plastik yang baru dikembangkan ini, kata Edi, langsung diterapkan untuk proyek pengerasan jalan di lingkungan Kampus Udinus.  Jalan sepanjang hampir satu kilometer menuju Kampus Udinus dilakukan pengerasan dengan menggunakan aspal berbahan dasar plastik.

    “Kami langsung mengaspal jalan sekitar Udinus. Kegiatan ini kami ingin ikut serta menyukseskan program Semarang Wegah Nyampah milik Pemerintah Kota," tegas Edi.  




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id