Guru Besar: Merdeka Belajar Masih Sebatas Jargon

    Ilham Pratama Putra - 01 Juli 2020 07:07 WIB
    Guru Besar: Merdeka Belajar Masih Sebatas Jargon
    Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra. Foto: MI/Arya Manggala
    Jakarta: Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra, menilai, program Merdeka Belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim masih sebatas jargon.  Sebab kekakuan birokrasi di satuan pendidikan (sekolah) masih belum bisa teratasi.

    "Merdeka Belajar ini baru sebatas jargon. Masih ada kolonialisasi birokrasi. Guru dan dosen kita masih sibuk bikin laporan ini itu," kata Azyumardi dalam Diskusi Daring bertema "Mas Nadiem bisa apa?" Selasa malam, 30 Juni 2020.

    Selain itu, implementasi Merdeka Belajar yang diluncurkan mantan bos Gojek akhir tahun lalu itu pun belum kelihatan implementasi nyatanya. Terlebih di tengah masa pandemi, siswa maupun mahasiswa masih kesulitan mengikuti pembelajaran dari rumah, baik secara daring maupun pembelajaran jarak jauh.

    "Karena masih belum tampak itu, apa yang dinamakan penyederhanaan kurikulum," lanjutnya.

    Baca juga:  Kemendikbud Rancang Kurikulum Baru untuk SMK

    Begitu juga guru dan dosen, faktanya masih belum bisa membebaskan anak didiknya dalam mencari ilmu. Banyak pengajar yang masih beranggapan dirinya adalah center of learning.

    "Padahal di masa kini, sumber ilmu tidak hanya dari guru, tidak hanya di kampus. Kalau mau serius ya dibebaskan. Ibaratnya anak kita masih bawa tas 10 kilogram ke sekolah, berat-berat padahal ilmu ada di mana-mana," ujar Azyumardi.

    Terlebih saat ini dunia pendidikan diselimuti pandemi virus korona (covid-19). Harusnya beban peserta didik dapat diringankan.

    "Ya selain kurikulum itu, tolong juga ada instruksi lebih tegas agar tugasnya jangan banyak-banyak. Mabuk mereka ngerjain itu," tutup Azyumardi.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id