SNMPTN/SBMPTN 2020

    453.930 Siswa Telah Finalisasi Data SNMPTN

    Ilham Pratama Putra - 27 Februari 2020 19:47 WIB
    453.930 Siswa Telah Finalisasi Data SNMPTN
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Jakarta:  Jelang penutupan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mencatat sebanyak 453.930 siswa telah melakukan finalisasi data. LTMPT berharap seluruh siswa yang eligible atau memenuhi syarat untuk mendaftar sebelum pukul 23:59 WIB hari ini, 27 Februari 2020.

    Namun, Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo Widyobroto tak mempermasalahkan siswa yang memang tidak mau ikut SNMPTN. Siswa yang eligible, namun tidak mendaftar, tak akan dijatuhi sanksi.

    "Siswa maupun sekolahnya, tidak akan diberi sanksi," kata Budi kepada Medcom.id, Kamis 27 Februari 2020.

    Adapun siswa yang eligible untuk mendaftar sebanyak 561.512 siswa. Budi menjelaskan selain 453.930 siswa yang telah finalisasi, tercatat pula siswa yang terhenti pada tahap login.

    "Yang hanya sampai pada tahap login saat melakukan pendaftaran yakni berjumlah 30.808 siswa," kata dia.

    Dia berharap, seluruh siswa yang eligible dapat segera melakukan pendaftaran dan finalisasi SNMPTN. Terutama bagi siswa pendaftar SNMPTN yang sudah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) sekolah maupun yang tidak berminat mengajukan pembiayaan dari pemerintah melalui KIP Kuliah untuk segera melakukan finalisasi dan cetak kartu.

    Jumlah pendaftar yang melakukan finalisasi hingga pukul 06.02 WIB hari ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Sebelumnya, yang melakukan finalisasi pada hari penutupan di 2019, jumlah siswa yang melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN sebanyak 478.608 siswa.

    Budi ingin seluruh siswa yang berhak mendaftar SNMPTN agar segera mendaftar dan finalisasi.  Serta Siswa yang akan mengajukan KIP Kuliah, dimohon mendaftar SNMPTN sampai tahap memilih PTN dan Prodi atau sampai finalisasi.

    Terkait KIP Kuliah itu, yang terpenting, kata Budi, siswa mendaftar SNMPTN terlebih dahulu. Sebab urusan KIP kuliah bisa menyusul dengan batas maksimal 31 Maret 2020.

    "Sejauh ini yang sudah mendaftar dan mengisi KIP Kuliah ada 50.213 siswa," lanjutnya.

    Pada tahun ini, pemerintah menargetkan 400.000 mahasiswa akan menerima KIP Kuliah. Jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya, yang mana beasiswa Bidikmisi hanya 130.000 mahasiswa.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id