SNMPTN/SBMPTN 2020

    Jadwal Pendaftaran Akun LTMPT untuk SBMPTN Diundur

    Ilham Pratama Putra - 06 Februari 2020 18:08 WIB
    Jadwal Pendaftaran Akun LTMPT untuk SBMPTN Diundur
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Jakarta:  Jadwal pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tahap kedua untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer- Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) diundur.  Pendaftaran diundur selama 10 hari, yang tadinya akan dimulai 7 Februari menjadi 17 Februari 2020.

    "Yang sedianya dimulai 7 Februari, diundur menjadi tanggal 17 Februari sampai dengan 5 April 2020," kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, di Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

    Dia menyebut pemunduran jadwal ini tak lepas dari mundurnya batas waktu pengisian data Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pemeringkatan siswa.  Awalnya dilaksanakan pada 13 Januari sampai 6 Februari 2020, menjadi 15 Januari sampai 8 Februari 2020.

    Lebih lanjut Nasih menjelaskan, pendaftaran akun LTMPT tahap ke dua ini diperuntukkan bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT.  Atau siswa yang sudah mempunyai akun LTMPT tahap pertama (2 Desember 2019-10 Januari 2020) tapi belum melakukan simpan data permanen.

    Pemberitahuan ini tertuang dalam surat edaran tim pelaksana LTMPT dengan nomor 05/SE.LTMPT/2020 tentang pengunduran waktu pendaftaran LTMPT tahap ke dua untuk UTBK-SBMPTN 2020.

    "Surat ini ditujukan pada Kepala hingga siswa SMA, MA, MK seluruh indonesia," tutur Nasih.

    Kemendikbud meluncurkan secara resmi Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2020.  Ada tiga jalur yang disediakan untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2020, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.
     
    Untuk jalur SNMPTN menyediakan kuota minimum sebesar 20 persen dari total daya tampung PTN. Kemudian untuk SBMPTN kuota minimum 40 persen, sedangkan Jalur Seleksi Mandiri maksimum 30 persen dari total daya tampung PTN.
     
    Terdapat sejumlah hal penting yang harus diketahui oleh calon peserta SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020. Yaitu diterapkannya kebijakan Single Sign On (SSO) yang merupakan tahap awal dari pendaftaran SNMPTN, UTBK dan SBMPTN 2020.

    Dengan SSO, setiap peserta wajib memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dengan melakukan registrasi akun melalui laman LTMPT.




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id