Topik Perubahan Iklim Dicanangkan Masuk Kurikulum

    Antara - 25 September 2020 21:11 WIB
    Topik Perubahan Iklim Dicanangkan Masuk Kurikulum
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sedang merancang untuk memasukkan kurikulum mengenai perubahan iklim dalam mata pelajaran.

    "KLHK dengan Kemendikbud sedang merancang bagaimana memasukkan kurikulum mengenai perubahan iklim di dalam mata pelajaran anak-anak kita ke depannya," kata Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) KLHK Ruandha Agung Sugardiman dalam acara virtual pemaparan hasil survei pemuda tentang krisis iklim di Jakarta, Jumat, 25 September 2020.

    Namun, kata Ruandha, topik mengenai perubahan iklim itu tidak akan dibuat menjadi mata pelajaran baru. Topik perubahan iklim akan dimasukkan dalam pelajaran yang sudah ada sebelumnya seperti ilmu pengetahuan alam (IPA).

    Menurut Ruandha, awalnya KLHK mengusulkan mengenai memasukkan isu perubahan iklim dan dampaknya dalam pendidikan kepada Kemendikbud. Usulan itu rupanya disambut baik dan telah didiskusikan untuk memasukkan isu perubahan iklim.

    Baca: Nadiem: Penyederhanaan Kurikulum di 2021 Hanya untuk Sekolah Penggerak

    "Tidak harus mata pelajaran baru, tapi dimasukkan ke mata pelajaran IPA, bahasa dan IPS. Bagaimana membakar sampah asapnya bisa menjadi gas rumah kaca. Ini yang harus kita kenalkan dan ajarkan kepada anak-anak kita," kata Ruandha.

    Sembari menunggu, KLHK akan terus melanjutkan usaha untuk memberikan pemahaman terkait isu perubahan lingkungan hidup kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Misalnya, terhadap guru-guru.

    Ia memberi contoh, saat ini Ditjen PPI KLHK sedang berada di Gorontalo dalam rangka workshop peningkatan kapasitas pemahaman tentang isu perubahan iklim kepada guru-guru di tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Selain di Gorontalo, peningkatan kapasitas pemahaman isu perubahan iklim itu juga sudah dilakukan di Jakarta, Surabaya, dan Semarang.

    (AGA)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id