Jokowi Minta Kampus Fasilitasi Pengembangan Talenta Mahasiswa

    Ilham Pratama Putra - 15 September 2021 11:15 WIB
    Jokowi Minta Kampus Fasilitasi Pengembangan Talenta Mahasiswa
    Presiden Joko Widodo dalam pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Tangkapan layar.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perguruan tinggi untuk memfasilitasi pengembangan talenta mahasiswa. Menurut dia, pengembangan talenta lebih baik ketimbang memaksakan banyaknya program studi di fakultas.

    "Dan mengubah pola-pola lama yang memang itu sudah saatnya untuk kita tinggal. Jangan mahasiswa dipagari oleh terlalu banyak program-program studi di fakultas," ujar Jokowi dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Senin, 13 September 2021.

     



    Jokowi mengatakan, pemberian fasilitas pengembangan talenta tak harus mengacu pada prodi yang diambil mahasiswa. Menurut dia, mahasiswa dalam memilih prodi belum tentu sejalan dengan talentanya.

    "Karena kita ingat pilihan prodi, jurusan, dan fakultas tidak selalu berdasarkan pada talenta. Ketidakcocokan itu kadang-kadang terasa saat kuliah. Karena yang kita tahu orang bisa berkarier yang jauh dari ilmu di ijazahnya," sebut dia.

    Baca: Jokowi Minta Rektor Pantau Mahasiswa di Luar Kampus, Narkoba Hingga Radikalisme

    Jokowi mencontohkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Menkes Budi, kata Jokowi, memiliki pilihan karier yang tidak linier dengan studinya di perguruan tinggi.

    Jokowi mengatakan, Budi merupakan lulusan Teknik Fisika di Institut Teknologi Bandung (ITB). Budi justru bekerja di bank hingga melesat menduduki tangga paling puncak, yakni direktur utama Bank Mandiri. 

    "Melompat lagi jadi Menteri Kesehatan. Sehingga menurut saya, sejak S1 itu mestinya bakat-bakat itu difasilitasi," tutur Jokowi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id