Pendidikan Seni Budaya Perlu Dikembangkan Melalui Komunitas

    Antara - 23 Januari 2021 17:02 WIB
    Pendidikan Seni Budaya Perlu Dikembangkan Melalui Komunitas
    Ilustrasi. Foto: Antara/Irwansyah Putra
    Magelang: Pendidikan seni dan budaya, baik tradisional maupun kreatif, perlu dikembangkan di Kota Magelang melalui komunitas. Hal ini guna memberikan nilai positif bagi masyarakat dan lingkungan.

    "Melalui komunitas menjadikan seni budaya yang berdaya saing serta menyatukan seniman dan komunitas seni budaya di Kota Magelang," kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang Sugeng Priyadi, Sabtu, 23 Januari 2021.

    Ia mengatakan, Kota Magelang identik dengan 'Pakuning Tanah Jawa' serta adanya beberapa situs dan peninggalan bersejarah. Meskipun wilayah Kota Magelang relatif sempit, namun memiliki beberapa komunitas seni dan budaya yang berpeluang untuk dikembangkan.

    "Mereka, kalangan seniman, budayawan, dan sejarawan dengan berbagai berbagai jenis kesenian, tradisi, cerita atau sejarah lokal," ujarnya.

    Dinas Dikbud Kota Magelang menggagas pentingnya 'Rumah Budaya' sebagai media pengembangan seni dan budaya di daerah setempat. Tempat ini juga jadi lokasi berkumpul, beraktivitas, dan diskusi kalangan mereka.

    Selain itu, Rumah Budaya bisa juga jadi tempat latihan berkesenian atau sanggar potensial, seperti wayang, karawitan, ketoprak, tari, dan teater. "Rumah Budaya merupakan tempat menghimpun atau mengoleksi hasil karya seni lokal," kata Sugeng.

    Baca: Gerakan Seniman Masuk Sekolah Bantu Pelestarian Kesenian Lokal

    Kepala Disdikbud Kota Magelang Agus Sujito menambahkan tentang pentingnya 'Rumah Budaya' untuk memfasilitasi para seniman, budayawan, dan sejarawan setempat berdiskusi serta beraktivitas bersama komunitasnya.

    Ia menyebut masyarakat Kota Magelang memiliki berbagai kesenian yang menjadi segmen dari Rumah Budaya, seperti seni tari, musik, teater, sastra, seni rupa, juga literasi sejarah atau folklore.

    "Kami berharap dengan terwujudnya 'Rumah Budaya', seni dan budaya di Kota Magelang dapat lebih berkembang, maju, dan lestari," kata Agus.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id