Siswa Korban Gempa Sigi Sambut Sekolah Baru

    Antara - 17 Juli 2019 16:09 WIB
    Siswa Korban Gempa Sigi Sambut Sekolah Baru
    Sejumlah siswa mengikuti pelaksanaan peresmian sekolah permanen SDN Inpres Lolu bantuan pihak swasta di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. ANT/Mohamad Hamzah.
    Sigi:  Para siswa di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah yang dilanda bencana gempa bumi berkekuatan 7,4 SR pada 28 September 2018 lalu, tengah menyambut gembira sekolah mereka yang baru selesai dibangun.  Sekolah tersebut, sebelumnya sempat hancur di terjang gempa.

    "Sudah beberapa hari ini kami belajar di sekolah yang memadai," kata Rifai, siswa di salah satu Sekolah Dasar (SD) di Desa Lolu, Kecamatan Sigibiromaru, Kabupaten Sigi, Rabu, 17 Juli 2019.

    Ia sangat senang, sebab sudah dapat kembali lagi belajar di sekolah yang baru selesai dibangun tersebut.   Selama beberapa bulan terakhir ini ia tidak belajar dengan nyaman, setelah gempa bumi mengguncang dan menghancurkan banyak sekolah di Kabupaten Sigi.

    Termasuk sekolah tempat ia dan teman-teman bersekolah yang hancur rata dengan tanah.    Selama sekolah rusak dan sedang dibangun kembali oleh pemerintah, aktivitas belajar mengajar dipindahkan ke salah satu lokasi tidak jauh dari sekolah, dengan menggunakan tenda darurat bantuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Non Government Organization (NGO).

    Baca:  Sulteng Kekurangan Bantuan Tenda Sekolah Darurat

    Namun, kata dia, dalam beberapa hari ini, siswa sudah tidak lagi belajar di tenda karena sekolah yang baru sudah selesai dibangun.    Hal senada juga disampaikan Ayu, salah seorang siswi SD Inpres Lolu.

    Ayu juga merasa gembira karena sudah belajar di sekolah yang baru.  Sekolah yang baru itu tetap dibangun di lokasi yang sama.   Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)
    Kabupaten Sigi menyebutkan jumlah bangunan sekolah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan likuefaksi di daerah itu mencapai sekitar 100 unit.

    Sekolah terdampak bencana alam tersebut tersebar di 13 dari 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi.   Sigi merupakan daerah yang terdampak cukup parah, selain Kota Palu, yang juga dilanda gempa bumi.

    Selain banyak bangunan, termasuk rumah penduduk, fasilitas dan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi, telekomunikasi, listrik, gempa juga menimbulkan banyak korban jiwa meninggal dunia dan hilang.  Sejumlah korban gempa hingga saat ini belum diketemukan.  



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id