Mengintip Blended Learning Prodi Pendidikan Akuntasi FKIP UNS

    Arga sumantri - 30 April 2021 16:13 WIB
    Mengintip <i>Blended Learning</i> Prodi Pendidikan Akuntasi FKIP UNS
    Mahasiswa UNS di kelas. Foto; Dok Humas UNS.



    Solo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mulai mengubah metode perkuliahan secara daring penuh menjadi pembelajaran campuran atau blended learning. Salah satunya di Program Studi (Prodi) Pendidikan Akuntansi FKIP UNS yang dipantau pada Kamis, 29 April 2021.

    Sebagian mahasiswa tampak hadir di Aula Gedung F FKIP dan telah mendapatkan izin dari orang tua. Mereka juga dinyatakan negatif covid-19 berdasar tes cepat antigen, tes usap, maupun GeNose. Sedangkan, mahasiswa yang tidak hadir mengikuti perkuliahan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting.






    Kegiatan pembelajaran campuran ini dilakukan usai UNS mendapat izin untuk menggelar uji coba Perkuliahan Tatap Muka (PTM) sejak Rabu, 7 April 2021. PTM dimulai di tiga fakultas sekaligus, yaitu di Fakultas Hukum (FH), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Keolahragaan (FKor).

    Baca: Nadiem Diharapkan Jadi 'Jembatan' Peneliti Indonesia dengan Kampus Mancanegara

    Mata kuliah yang diajarkan dalam pembelajaran campuran ini adalah Akuntansi Menengah I yang diampu Direktur Keuangan dan Optimalisasi Aset UNS, Muhtar. Dalam kesempatan tersebut, Muhtar menyampaikan materinya yang berjudul 'Penurunan, Penyusutan (Depresiasi), dan Deplesi' kepada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan.

    "Penurunan nilai atau impairments adalah penghapusan nilai aset tetap karena krisis global yang mempengaruhi perekonomian suatu negara. Penurunan nilai dilakukan ketika perusahaan tidak dapat memulihkan jumlah tercatat aset, baik dengan menggunakannya atau menjualnya," papar Muhtar.

    Muhtar juga menyampaikan pengertian deplesi dan amortisasi. Ia mengatakan deplesi ada pengurangan biaya sumber daya mineral, seperti minyak, gas, dan batu bara selama periode/waktu tertentu.

    "Sedangkan, amortisasi merupakan penghapusan nilai kedaluarsa aset tak berwujud seperti paten atau hak cipta," sambungnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id