Daya Tampung Sekolah Bakal Jadi Fokus Perbaikan

    Intan Yunelia - 15 Juli 2019 15:16 WIB
    Daya Tampung Sekolah Bakal Jadi Fokus Perbaikan
    SIswa di jendela kelas di salah satu sekolah. MI/Gino Hadi.
    Jakarta:  Hasil evaluasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 dengan sistem zonasi akan ditindaklanjuti dengan fokus pada penyelesaian persoalan daya tampung siswa di sekolah.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan seluruh dinas pendidikan di daerah untuk memastikan semua siswa mendapatkan sekolah dalam PPDB tahun depan.

    “Kita akan koordinasi dengan dinas-dinas seluruh Indonesia untuk menjamin tidak ada satupun siswa usia sekolah yang tidak tertampung di sekolah,” ujar Muhadjir saat kunjungan di SMP Permata Insani Islamic School, Tangerang, Senin, 15 Juli 2019.

    Hari ini, Muhadjir meninjau hari pertama sekolah di empat sekolah yang berbeda. Sekolah yang dikunjungi Muhadjir diantaranya SD Muhammadiyah 5 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, SD Negeri 3 Sukaharja Tangerang, SMA Negeri 14 Tangerang, dan SMP Permata Insani Islamic School Tangerang.

    Baca:  Akhir Juli Hasil Evaluasi PPDB 2019 Ditindaklanjuti

    Muhadjir menuturkan, kesan pertama masuk sekolah merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik. Terutama sambutan dari para sekolah, senior dan teman-temannya di sekolah dapat mempengaruhi kenyamanan peserta didik di hari-hari berikutnya. .

    “InsyaAllah mereka akan kerasan (betah), mereka akan nyaman, gembira, akan bahagia dan itu berpengaruh terhadap proses belajar mengajar,” terangnya.

    Muhadjir mengatakan, pelaksanaan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) merupakan momentum bagi siswa baru untuk menjadi kerasan. Kegiatan PLS benar-benar harus diisi dengan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

    “Bukan hanya di lingkungan sekolah, tapi di luar sekolah termasuk keterlibatan pihak masyarakat dan orangtua untuk mengantar anak-anaknya agar betah di sekolah yang baru,” kata Muhadjir 





    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id