Masa Taaruf, Siswa Madrasah Salat Duha Berjamaah

    Farhan Dwitama - 16 Juli 2019 13:18 WIB
    Masa Taaruf, Siswa Madrasah Salat Duha Berjamaah
    Siswa baru MTSN 1 Tangerang Selatan, ikuti salat sunah Duha. Medcom.id/Farhan Dwitama.
    Tangerang:  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) atau di kalangan madrasah biasa disebut dengan masa Taaruf Siswa Madrasah (Madsama), ratusan siswa baru Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Tangerang Selatan diisi dengan kegiatan postif.  Salah satunya siswa diajak salat sunah Duha berjamaah.

    Sekitar 249 siswa baru MTSN 1 Tangerang Selatan, secara khusuk mengikuti kegiatan salat sunah duha berjamaah, yang merupakan rangkaian program Madsama, di hari kedua pelaksanaannya. 

    Masriah, pembina Osis MTSN 1 Kota Tangsel yang juga ketua Madsama menerangkan, Madsama yang sama dengan istilah MPLS pada sekolah umum ini bertujuan untuk pengenalan siswa terhadap sekolah. 

    “Baik mengenal kegiatan madrasah, lingkungan madrasah dan sarana prasarananya. Hari kedua ini kita awali dengan salat sunah duha berjamaah. Besok kita ada tadarus Alquran, jadi Selasa itu agenda rutin kita salat duha, Rabu Tadarus Alquran dan Jumat kita membaca surat Yassin dan Tahlil selama 30 menit di awal jam masuk sekolah,” ucapnya, Selasa, 16 Juli 2019. 

    Masriah mengaku, pada kegaiatan Madsama ini, seluruh kegiatan siswa baru diatur oleh para pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Sementara materi pengenalan Madrasah diisi juga oleh dewan guru. 

    “Sudah diatur OSIS seluruh kegiatannya, kita nanti hanya mendampingi dan membimbing. Pada intinya masa taaruf ini, siswa baru tidak dibebani, tidak ada bullying dan kekerasan,” ucap dia. 

    Diterangkan dia, siswa MTSN 1 Tangsel tahun ajaran 2019/2020 ini berjumlah 249 siswa ditambah 42 siswa mukim (Boarding).  “Kita sudah beberapa tahun ini menyediakan boarding, memang masih terbatas karena asramanya belum banyak,” ucapnya. 

    Baca:  Mendikbud: Tak Boleh Ada Perpeloncoan di Sekolah

    Nazwa Mahira Ramadhani, asal SDIT Nurfatahilah, mengaku kegiatan Madsama yang diselenggarakan di MTSN1 Tangsel, membantu dirinya untuk mengenali lingkungan di Madrasahnya. 

    “Penting juga mengenal lingkungan di sekitar Madrasah. Apalagi murid baru belum saling mengenal, jadi bisa saling berkenalan dan bercerita dalam suasan bukan belajar di kelas,” katanya. 

    Warga asal Lengkong Gudang Timur ini mengaku tertarik untuk masuk ke boarding, agar lebih mendalami pelajaran di Madrasah dengan lebih baik.  “Aku memang ingin masuk boarding, biar mandiri dan belajar lebih fokus. Karena kita juga enggak dikasih gadget. Jadi lebih tenang dan nyaman belajarnya,” ucap dia. 

    Senada, Zacky Isnai Syahputra, mengaku kerasan (betah) dengan sistem boarding yang dia jalani selama tiga hari ini. 

    “Lebih enak mondok karena lebih banyak teman. Belajar juga lebih fokus, karena aku ingin lulus dari MTs bisa hafal Alquran. Karena mama mau aku jadi Polisi Hafiz (penghafal Alquran),” ucap lulusan SDI Al Syukro,Ciputat. 




    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id