Kepala Sekolah Jadi Supervisor Perubahan di Sekolah

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 30 November 2019 08:08 WIB
    Kepala Sekolah Jadi Supervisor Perubahan di Sekolah
    Rektor Unimed, Syawal Gultom. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Syawal Gultom menyebut, kepala sekolah harus bisa mengambil peran untuk membuat perubahan. Salah satunya dengan mengubah suasana kelas menjadi pembelajaran yang berpusat pada murid.

    "Jadi bagaimana membuat siswa bertanya, karena ciri orang kreatif bisa memproduksi pertanyaan yang baik. Jadi ubah dulu suasana kelasnya. Suasana dari yang selama ini guru menjelaskan dulu, murid baru belajar," kata Syawal di Jakarta, Jumat, 29 November 2019.

    Kemudian Kepala Sekolah harus bisa mengubah sistem penilaian sekolah yang selama ini fokus pada penjaminan mutu, pengawasan dan inspeksi ke budaya mutu, seperti integritas, disiplin, juga kepedulian kepada sesama.

    "Jadi pindah ke budaya-budaya yang komunikatif dan lebih kerja sama serta koordinasi," ujar guru besar Pendidikan Matematika ini.

    Untuk itu, peran Kepala Sekolah menjadi tidak hanya sebagai pemimpin, tapi sekaligus supervisor perubahan.  "Kalau enggak ada leader maka enggak akan ada perubahan kultur. Karena leader yang mengamati perubahan dan apa yang terjadi.  Memastikan apa murid-murid lebih komunikatif dan bisa bekerja sama," kata Doktor lulusan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ini.

    Syawal juga menyoroti soal pelatihan guru yang selama ini dikelompokkan berdasarkan mata pelajaran yang sama. Menurutnya pelatihan guru harusnya mengundang guru dari beragam mata pelajaran dalam satu kali pelatihan.

    "Maka sekali-sekali pelatihan itu pelatihan yang menggabungkan guru. Jangan hanya melatih guru sejenis saja. Ini kan biasanya dikumpulkan guru sejenis terus dilatih," terangnya.



    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id